Rabu, 24 April 2024

Cuaca Surabaya dan Sekitarnya Diprakirakan Cerah Berawan Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di wilayah Surabaya cerah berawan hingga berawan sepanjang hari ini, Kamis (15/4/2021).

“Cuaca di Surabaya cukup kondusif ya, diprakirakan cenderung cerah berawan, hingga berawan seharian,” ujar Agatha Prakirawan BMKG Juanda saat dihubungi suarasurabaya.net.

Namun ada beberapa wilayah di Jawa Timur yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada sore hari, beberapa wilayah yang perlu diwaspadai ialah Lamongan, Tuban, Pamekasan, Sumenep. Sedangkan pada malam hari, Sidoarjo, Probolinggo dan Bondowoso berpotensi hujan.

Mengenai suhu di Jawa Timur, kata Agatha, berada di kisaran 15-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-98 persen.

Kecepatan angin berkisar 10-30 knot dengan arah angin dari timur menuju barat daya.

Di lain sisi, wilayah perairan perlu diwaspadai karena tinggi gelombang cukup tinggi yaitu 2,75 meter untuk laut Selatan Jawa Timur dan 3,5 meter untuk Samudra Hindia. Sedangkan di perairan Madura dan Kangean bervariasi mulai dari 0,25 hingga 0,75 meter.

Agatha menambahkan, untuk cuaca penerbangan, terdapat awan Cumolonimbus (Cb) terutama di Kalimantan, Maluku Utara dan Sumatera Selatan sehingga penerbangan menuju wilayah tersebut perlu diwaspadai. Sedangkan penerbangan di wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera cukup kondusif.

Terkait Siklon Tropis Surigae (STS), dampaknya berupa hujan sedang hingga lebat yang terjadi di wilayah Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo dan Papua dan diprakirakan tidak sampai Jawa Timur karena jangkauan yang lumayan jauh.(frh/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs