Selasa, 23 April 2024

Tak Pakai Masker, 15 Penumpang Bus Langsung Diamankan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anggota Polisi bertugas di Terminal Purabaya, Sidoarjo melakukan razia yustisi dan pemantauan kepatuhan protokol kesehatan, Rabu (27/1/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Terbukti tidak memakai masker dengan benar, 15 penumpang bus, sesaat setelah turun dari bus di Terminal Purabaya langsung diamankan petugas gabungan.

Masing-masing penumpang bus itu didata identitasnya sesuai dengan KTP dan diberikan arahan agar memakai masker dengan benar. Yaitu menutupi hidung dan mulut.

“Mereka langsung kita data. Identitas sesuai KTP kami catat. Lalu masing-masing diberikan arahan agar patuh pada protokol kesehatan, pakai masker dengan benar. Kami selalu lakukan pemantauan dan razia dadakan, ” terang Imam Hidayat Kasubdit Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo, Rabu (27/1/2021).

Menurut Imam kepatuhan pada protokol kesehatan terus dilaksanakan di Terminal Purabaya. Tidak hanya di jalur keberangkatan saja razia dilakukan. Pada jalur kedatangan atau turunnya penumpang juga digelar razia yustisi.

Petugas gabungan dari Polsek Waru dan Polres Sidoarjo dilibatkan pada giat razia yustisi di terminal terbesar di wilayah Indonesia Timur ini. Beberapa kali armada bus terpaksa dikeluarkan dari antrian karena tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Sampai hari ini kewajiban calon penumpang bus di Terminal Purabaya selain menunjukkan surat sehat juga tetap wajib patuh protokol kesehatan. Pakai masker dan jaga jarak, serta cuci tangan, ” kata Imam.

Hingga Rabu (27/1/2021) kewajiban menunjukkan surat rapid antigen untuk perjalanan ke Bali masih diberlakukan bagi penumpang bus di Purabaya. Tanpa surat rapid antigen dengan hasil negatif, penumpang tujuan Bali dilarang berangkat.

Imam menegaskan meskipun operasional Terminal Purabaya belum normal seperti sebelum pandemi, semua aturan terkait pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 tetap wajib dilaksanakan. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs