Jumat, 26 April 2024

Tim SAR Temukan Pemilik Sepeda Motor yang Ditinggal di Jembatan Suramadu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Proses evakuasi jenazah di perairan laut sekitar Jembatan Suramadu, pada Selasa (7/9/2021) pukul 09.15 WIB. Foto: Tim SAR

Tim (Search and Rescue) SAR gabungan menemukan keberadaan pemilik sepeda motor bernomor plat L 5265 FE yang ditinggalkan dalam keadaan mesinnya masih menyala di Jembatan Suramadu.

Pria bernama Widodo, usia 53 tahun, tersebut ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia di perairan laut sekitar Jembatan Suramadu pada Selasa (7/9/2021) pukul 09.15 WIB.

Hari Adi Purnomo Kepala Kantor SAR Surabaya mengatakan, jenazah korban ditemukan terapung di perairan dekat jembatan Suramadu, tepatnya berada di koordinat 7° 11.068’ S 112° 46.505’ E.

“Proses evakuasi jenazah korban dari laut berjalan lancar, kondisi cuaca di perairan Suramadu cukup bersahabat. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke rumah sakit melalui Dermaga Distrik Navigasi,” ujarnya melalui keterangan tertulis Kantor Pencarian dan Pertolongan Surabaya.

Upaya pencarian korban ini berawal dari informasi yang diterima Kantor SAR Surabaya bahwa ada satu unit sepeda motor tanpa pemilik yang ditinggal di atas Jembatan Suramadu, pada Senin (6/8/2021) sekitar pukul 20.00 WIB.

Menurut keterangan pelapor, di sepeda motor tersebut ditemukan sejumlah barang milik korban, di antaranya sepatu, helm, kunci, kartu identitas, dan sebuah surat wasiat yang dibuat korban sebelumnya.

“Diduga korban melompat dari atas jembatan ke laut,” kata Hari.

Segera setelah menerima informasi tersebut, petugas siaga Kantor SAR Surabaya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di wilayah Tanjung Perak guna tindak lanjut dalam pencarian korban.

“Kami mengerahkan satu tim operasi yang beranggotakan 5 orang personel ABK untuk melakukan mencari keberadaan korban dengan menggunakan 1 unit RIB dan didukung dengan sejumlah peralatan pertolongan,” kata Hari.

Upaya pencarian hingga evakuasi korban ini melibatkan kerja sama sejumlah unsur SAR, di antaranya Kantor SAR Surabaya, Satrol Bakamla wilayah Surabaya, Ditpolair Polda Jatim, VTS Surabaya, Distrik Navigasi, Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak, Polsek Kenjeran, Koramil Kenjeran, Linmas Surabaya, dan potensi SAR lainnya. (iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs