Jumat, 29 Maret 2024

Uji Kelayakan Tes Kompetensi, DSI Untag Surabaya Gandeng PLTI

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Supangat (kanan) bersama satu di antara anggota PLTI saat di Laboratorium Computer Center Untag Surabaya, Rabu (9/6/2021). Foto: Humas DSI

Uji kelayakan tes kompetensi, Direktorat Sistem Informasi (DSI) Untag Surabaya gandeng Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI), dilaksanakan di Laboratorium Computer Center Untag Surabaya, Rabu (9/6/2021).

Supangat, M.Kom., ITIL., COBIT, penanggung jawab Laboratorium Computer Center mentampaikan bahwa uji kelayakan tes kompetensi ini didasari oleh minimnya tempat uji kompetensi yang ada di Surabaya. “Kami mau memberikan kemudahan, karena menurut pengalaman tempat uji kompetensi di Surabaya cukup terbatas jadi DSI menyediakan,” terang Supangat yang juga Dosen Teknik Informatika Untag Surabaya tersebut.

Supangat menambahkan, uji tes ini nantinya digunakan untuk persyaratan sertifikasi dosen, tes masuk perguruan tinggi dan test untuk beasiswa. Semua tes tersebut diperuntukkan kalangan dosen, guru hingga mahasiswa.”

Jadi tes ini dapat digunakan untuk banyak kalangan, mulai dari dosen hingga mahasiswa. Tes-tes kompetensi ini akan kami buka untuk eksternal juga. Kita punya 4 ruangan, semua lab dapat digunakan,” kata Supangat.

Abdillah Wicaksana Basri, satu diantara Manager ITU PLTI yang melakukan visitasi ke Laboratorium Computer Center secara langsung untuk melakukan tes uji kelayakan. Abdillah mengatakan, walaupun uji kelayakan ini sempat tertunda karena pandemi, namun hasil visitasi kali ini berjalan dengan baik.

“Visitasi hari ini semuanya baik, secara infrastruktur maupun SDM lab ini sudah cukup baik. Waktu itu kami sarankan penyediaan headset dan sekarang sudah dipenuhi semua,” kata Abdillah.

Abdillah menyarakan untuk melakukan perubahan jarak antar peserta tes. Selain untuk menerapkan prokes wajib dengan menjaga jarak minimal 1.5 meter, jarak tersebut bertujuan untuk menjaga kenyamanan antar peserta.

Selain itu pihak Laboratorium Computer Center dipebolehkan untuk membuat kebijakan tambahan bagi seluruh peserta wajib melampirkan hasil tes antigen negatif. “Seluruh hasil visitasi baik, harapannya semoga segera dilanjutkan dan dibuka, ” ujar Abdillah. Tes kompetensi ini diperkirakan akan dibuka dalam waktu dekat ini. Untuk informasi resmi dapat dilihat melalui website https://plti.co.id/lokasi-tes. (tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs