Jumat, 29 Maret 2024

UK Petra dan BNI Siapkan Bus untuk Mahasiswanya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Jajaran Rektorat UK Petra bersama tim BNI Persero melihat interior Bus dan mencoba mengendarai. Foto: Humas UK Petra

Kurangi kemacetan jalan sekitaran akses menuju Siwalankerto, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya sediakan bus bagi mahasiswa yang tidak membawa mobil ke kampus.

Armada bus itu merupakan kado spesial 60 tahun UK Petra dari PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk.

Secara bersamaan, saat penyerahan bus juga dilakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman Ekosistem Keuangan Perguruan Tinggi.

“Kami sangat berterima kasih untuk hadiah istimewa dari BNI. Kapasitas tiap bus terdiri dari 25 penumpang. Rencananya bus ini akan kami gunakan membantu transportasi mahasiswa khususnya di daerah barat agar mahasiswa tidak perlu membawa mobil pribadi jika ke kampus UK Petra. Sehingga dapat menjadi solusi untuk kondisi traffic yang sering terjadi macet di daerah Siwalankerto,” kata Prof. Dr. Rolly Intan Direktur Eksekutif Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPTK) Petra, Jumat (12/11/2021).

Sebelum proses penyerahan simbolisasi bus, Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, Rektor UK Petra bersama Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto melakukan tanda tangan kerja sama kegiatan yang bisa di lakukan bersama-sama.

Seperti misal penyelenggaraan kolaborasi riset, pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, kajian ilmiah, seminar, lokakarya, peningkatan dan pengembangan kompetensi sumber daya manusia hingga penyediaan layanan jasa perbankan.

Bus dengan kapasitas bahan bakar mencapai 100 liter ini nantinya akan dilengkapi dengan aplikasi Shuttle Bus UKP, dipelopori oleh Kevin Jonathan dan Michelle Christiana Chandra, mahasiswa Program Studi (Prodi) Informatika UK Petra di bawah bimbingan Prof. Dr. (HC) Rolly Intan, Dr.Eng. Harapannya aplikasi ini akan semakin memudahkan para mahasiswa UK Petra.

Mahasiswa nantinya cukup melakukan pendaftaran kursi terlebih dahulu. Kemudian bisa memilih jam keberangkatan, nanti jika akan naik bus mahasiswa cukup menunjukkan QR Codenya saja.

“Saat ini kami sedang melakukan pengembangan pemantauan rute atau tracking posisi bus sedang berada di mana. Kami sedang proses menyelesaikan aplikasinya, ” papar Djwantoro.

PT BNI Persero sangat berterima kasih untuk jalinan kerja sama yang baik dengan YPTK Petra, apalagi dengan satu kampus terbaik di Jawa Timur. “Kami sebagai bank BUMN siap melakukan kolaborasi untuk mendukung Kampus Merdeka bersama UK Petra sesuai dengan arahan pak menteri,” kata Sis Apik Wijayanto mewakili BNI.

Seremonial penyerahan simbolis bus kepada UK Petra ditandai dengan pemotongan pita dan penyerahan Giant Key yang diserahkan langsung oleh Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Sis Apik Wijayanto didampingi oleh pemimpin BNI lainnya dengan para staf.

Dilanjutkan peninjauan bus dengan melihat interior, lalu mencoba bus dengan rute perjalanan singkat mengelilingi gedung Q kampus UK Petra Surabaya.(tok/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs