Jumat, 29 Maret 2024

Unesa Buka 10 Jalur Mandiri untuk Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Prof.Dr.Bambang Yulianto, Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa memberikan keterangan terkait pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2019. Foto: Humas Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) membuka 10 jalur mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk program sarjana dan vokasi tahun 2021.

Ada tujuh fakultas dan 64 program studi (prodi) sarjana (S-1) dan 10 program sarjana terapan.

“Ada dua jalur SPMB Unesa secara umum, jalur non tes dan jalur tes,” kata Prof. Bambang Yulianto M.Pd. Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa melalui keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net, Senin (10/5/2021).

Jalur non tes terdiri dari UTBK nasional, prestasi keagamaan, prestasi olahraga, prestasi seni, kepemimpinan, dan disabilitas. Sedangkan jalur tes berupa TMUBK dan D4 atau sarjana terapan.

Unesa juga menerima mahasiswa melalui jalur kerja sama dengan pemerintah kota/kabupaten/provinsi dan jalur beasiswa Luar Negeri.

  1. Jalur Non Tes UTBK

Peserta yang telah memperoleh nilai UTBK tahun 2021 tapi belum diterima di jalur SBMPTN, bisa mendaftar jalur non tes UTBK. Syaratnya, WNI, lulus SMA/MA/SMK tahun 2021 yang dibuktikan dengan ijazah atau surat keterangan lulus, dan peserta boleh memilih dua prodi, Saintek maupun Soshum.

  1. Jalur Prestasi Keagamaan

Prestasi Keagamaan Islam meliputi jalur pesantren, tahfidz, dan MTQ. Sedangkan Prestasi Keagamaan Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, maupun Konghucu dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan rekomendasi dari organisasi keagamaan.

  1. Jalur Prestasi Olahraga

Peserta yang memiliki prestasi bidang olahraga baik juara 1, 2 atau 3 di tingkat kabupaten/kota/provinsi/nasional/internasional bisa mencoba jalur ini. Ada dua kategori dalam jalur ini, peserta bisa bebas memilih prodi dan khusus mendaftar di prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO).

  1. Jalur Prestasi Seni

Peserta yang mendapat juara 1, 2 atau 3 di bidang seni tingkat provinsi/nasional/internasional bisa mendaftar jalur khusus prestasi seni.

  1. Jalur Prestasi Kepemimpinan

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK/paket C atau sederajat yang memiliki surat keputusan atau sertifikat OSIS sebagai ketua/wakil/sekertaris dari kepala sekolah dan diperkuat dengan surat atau sertifikat kepemimpinan lain.

  1. Jalur Disabilitas

“Jalur ini kita siapkan khusus untuk peserta disabilitas yang hendak bergabung dengan Unesa dan akan diupayakan mendapat beasiswa, ” kata Bambang.

  1. Jalur TMUBK

Peserta juga bisa mendaftar melalui jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) dengan materi Tes Kemampuan Potensi Akademik (TPA), Psikotest, dan Saintek atau Soshum.

  1. Jalur D4/Sarjana Terapan

Syarat untuk memilih program studi sarjana terapan di Unesa sama seperti jalur lainnya, hanya saja ada ujian tes masuk yang disiapkan Unesa setelah mendaftar.

  1. Jalur Kerja Sama dengan Pemkot/Kab/Prov

Jalur ini diperuntukkan bagi peserta yang berasal dari Pemkot dan Kabupaten atau Provinsi yang sudah menandatangani MoU dengan Unesa.

  1. Jalur Beasiswa Luar Negeri

Jalur ini dikhususkan bagi peserta yang berasal dari negara yang sudah meneken MoU dengan Unesa dalam berbagai program. Mereka akna mendapat beasiswa bebas UKT dan biaya asrama.

Ada pun jadwal pendaftaran SPMB Unesa dibuka mulai 14-18 Juni 2021 untuk jalur non tes, jalur prestasi pada 14-25 Juni 2021. Jalur disabilitas, TMUBK, dan jalur kerja sama dibuka pada 21Juni-6 Juli 2021. Jalur sarjana terapan dibuka pada 21 Juni-6 Juli 2021 untuk gelombang pertama, sedangkan gelombang dua pada 21-27 Juli 2021.

Mengenai syarat dan ketentuan bisa diakses melalui laman www.admisi.unesa.ac.id maupun media sosial Official Unesa.

“Bagi calon mahasiswa bisa menggunakan jalur-jalur tersebut. Paling penting dari sekarang mulai siapkan diri dan segala dokumen yang disyaratkan,” tutup Bambang.(frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs