Sabtu, 27 April 2024

Unitomo Bahas Pariwisata Selama dan Sesudah Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Siti Marwiyah Rektor Unitomo saat memberikan sambutan di webinar internasional membahas bisnis pariwisata. Foto: humas Unitomo

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) membahas keberlangsungan pariwisata selama dan pascapandemi Covid-19 dalam webinar Diskusi Lintas Negara yakni Jepang, Malaysia, Rusia, dan Australia bertema: Menjaga Keberlangsungan Bisnis Pariwisata Selama dan Sesudah Pandemi. Kegiatan berskala internasional ini adalah rangkaian Dies Natalis ke-40 Unitomo.

Hendro Wardhono, Ketua Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) yang sekaligus menjadi koordinator kegiatan webinar internasional menyampaikan bahwa tujuan diselanggarakannya webinar ini adalah upaya merumuskan dan merekomendasikan alternatif kebijakan dan strategi untuk mendorong stakeholder pariwisata mampu bertahan di tengah situasi pandemi dan bangkit dari keterpurukan.

“Melalui kegiatan ini, harapannya sektor pariwisata mampu beradaptasi dengan beragam situasi pasca pandemi. Dengan media ini, Unitomo memberikan edukasi untuk menghindari pemikiran negatif tentang segala kebijakan pemerintah agar potensi yang memicu instabilitas sosial dan politik baik pada tingkat lokal maupun nasional tidak terjadi,” kata Hendro Wardhono, Sabtu (31/7/2021).

Sementara itu, Siti Marwiyah Rektor Unitomo pada webinar internasional ini menyatakan, kegiatan kali ini menjadi satu di antara ikhtiar Unitomo dalam memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Terlebih dalam menyikapi masa sulit seperti saat ini, bagaimana upaya pelaku wisata atau sektor pariwisata mampu bertahan dan bangkit menghadapi pandemi yang masih berlangsung saat ini.

“40 tahun menjadi usia yang matang bagi Unitomo, dan sudah saatnya kampus kebangsaan dan kerakyatan ini memberikan edukasi kepada maysarakat melalui jejaring internasional yang dimiliki untuk sama-sama mendiskusikan hal-hal apakah yang menjadi catatan penting dan strategis yang dapat direkomendasikan pada sejumlah stakeholder kepariwisataan khususnya di Indonesia, agar dapat bertahan pada saat pandemi dan bangkit kembali setelah pandemi Covid-19 melandai,” papar Iyat sapaan Siti Marwiyah Rektor Unitomo.

Webinar berskala internasional Sabtu (31/7/2021) ini diikuti sekitar 600 peserta dari beberapa negara, dengan menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Bambang Rudyanto, Guru Besar Ekonomi dan Bisnis Wako University Jepang; Madya Mohammad Zaki Bin Ahmad, Guru Besar School of Internationa Studies, Universiti Utara Malaysia; Amy Maulana, Pengajar di Volgagrad State University Rusia; Dicky Budiman, Peneliti Pandemi dan Global Health Security Center for Environmental And Population Health Griffith University Australia; serta Priyanto, Direktur Pusat Studi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Unitomo.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs