Jumat, 22 Oktober 2021

Untag dan Kabupaten Blitar Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Secara simbolis Rektor Untag Surabaya bersama Bupati Blitar serahkan nota kerjasama. Foto: Humas Untag

Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya tandatangani kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Blitar.

Penandatangan MoU dilakukan oleh Prof Mulyanto Nugroho Rektor Untag Surabaya, dengan Rini Syarifah Bupati Blitar. Nota kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya yang dimiliki guna mendukung keberhasilan pembangunan maupun pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Nugroho mengatakan kerjasama yang ada menjadi satu di antara wujud implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yakni proyek di desa. Kerjasama ini menjadi upaya peningkatan peran Perguruan Tinggi dalam memberikan kontribusi dan berkarya nyata dalam memajukan bangsa.

“Semoga penelitian dan pengabdian kami yang terlaksana nantinya bisa bermanfaat dan bermakna bagi masyarakat,” terang Nugroho, Jumat (25/6/2021). Ditambahkan Nugroho bahwa Untag Surabaya siap mendampingi Pemerintah Kabupaten Blitar dalam melakukan pembangunan daerah.

Bupati Blitar, Rini Syarifah, menyambut baik dan menyampaikan terima kasih kepada Untag Surabaya karena telah memilih Kabupaten Blitar sebagai salah satu mitra kerjasama. Jalinan kerjasama yang ada mengacu pada UU nomor 23 Tahun 2014 bahwa setiap pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk bekerjasama dengan pihak lain termasuk diantaranya dengan Perguruan Tinggi. Hal ini dilakukan secara efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati yang baru dilantik Bulan Februari lalu ini menuturkan, melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi diharapkan terjalin sinergi dan saling mendukung antara Pemerintah Kabupaten Blitar dengan Untag Surabaya dalam meningkatkan fungsi kepemerintahan, pembangunan, pelayanan publik, mendayagunakan dan memberdayakan potensi serta berperan dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

“Dengan adanya kerjasama antara akademisi dan pemerintah, kami lebih semangat membantu masyarakat agar lebih maju dan sejahtera, ” ujar Rini.

Dalam waktu yang sama, Untag Surabaya sedang melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian bertempat di Desa Minggirsari, Kebupaten Blitar, Jawa Timur. Kontribusi Untag Surabaya dilakukan guna mengembangkan potensi, mendukung ekonomi kreatif hingga menyiapkan desa Minggirsari menjadi Desa Wisata Pendidikan.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Jumat, 22 Oktober 2021
34o
Kurs