Kamis, 28 Januari 2021

Vaksin Covid-19 Mulai Didistribusi ke Tiga Daerah Surabaya Raya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Proses pendistribusian vaksin dari cold storage menuju gedung penyimpanan di daerah. Foto: Istimewa

Pemprov Jatim mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 untuk daerah Surabaya Raya, antara lain ke Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik pada Rabu (13/1/2021).

Hertanto Sekretaris Dinas Kesehatan Jawa Timur mengatakan, pendistribusian hari ini belum untuk memenuhi semua jatah masing-masing tiga daerah prioritas itu.

Untuk Kota Surabaya, misalnya. Dari jatah sebanyak 33.420 dosis yang didistribusikan hari ini baru 15ribu dosis. Demikian halnya untuk Sidoarjo maupun Gresik.

Dari jatah 8.717 dosis untuk Sidoarjo, yang didistribusi hari ini hanya 4.000. Kemudian Gresik, yang jatahnya 5.805 dosis, hari ini baru didistribusikan 3.000 dosis.

“Kaitannya dengan kapasitas tempat penyimpanan vaksin yang ada di masing-masing daerah, yang belum mencukupi,” ujar Hertanto.

Dia tegaskan, berdasarkan rapat koordinasi yang digelar Rabu (13/1/2021), kapasitas penyimpanan vaksin atau cold storage memang belum bisa menampung seluruh jatah vaksin yang diterima.

Cold storage vaksin di Surabaya hanya mampu menampung 15 ribu dosis vaksin. Sidoarjo hanya mampu 4.000 dosis vaksin, dan Gresik hanya 3.000 dosis vaksin.

Sisanya, kata Hertanto, akan didistribusikan bila tempat penyimpanan vaksin di tiga daerah-daerah itu sudah memadai untuk menampung seluruh jatah vaksinnya.

“Tahap pertama vaksinasi ini memang difokuskan di wilayah Surabaya Raya. Kabupaten/kota lain menunggu instruksi dari Kementerian Kesehatan,” katanya.

Dinkes Jatim menjamin keamanan pendistribusian vaksin Covid-19 Sinovac. Jajaran Polda Jatim mengawal proses pemdistribusian sampai imunisasi.

Pengiriman vaksin ini juga sudah menggunakan armada yang dilengkapi pendingin bersuhu 3-8 derajat celsius, sehingga aman untuk vaksin.

“Armada yang dipakai adalah armada standar yang bisa menjamin suhu antara 2-8 derajat celsius. Suhu armada dari Bio Farma ini antara 3-8 drajat celsius. Masih memadai supaya kualitas vaksin terjaga,” ujarnya.(den/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kendaraan Gol I Melintas di Gate Tol Dupak 3

Truk Mengalami Kerusakan Ban di Pakal

Proses Perbaikan Retakan di Jalan Tol

Jalan Tol Surabaya-Gempol Longsor

Surabaya
Kamis, 28 Januari 2021
26o
Kurs