Minggu, 22 Mei 2022

Waspada Hujan Disertai Petir dan Gelombang Tinggi di Wilayah Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai petir.

Kondisi cuaca wilayah Jawa Timur pada Selasa (1/6/2021) diprakirakan cerah hingga hujan dengan intensitas sedang.

Informasi dari BMKG Juanda Surabaya menyebutkan, prakiraan cuaca pada pagi hari cerah dan berawan, pada siang hingga malam hari ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sedangkan pada dini hari cerah, berawan dan berkabut.

Suhu udara di Jatim berkisar antara 15 – 34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55 – 100 persen dan kecepatan angin sebesar 5 – 30 km/jam, didominasi dari Barat Daya mengarah Barat.

Peringatan dini tiga harian Jawa Timur. Foto: BMKG Juanda

Sedangkan pada Rabu (2/6/2021) besok, BMKG memberikan peringatan dini pada sejumlah wilayah untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Laman resmi maritimjatim.info turut menuliskan kondisi cuaca maritim yang berlaku 24 jam mulai 2 Juni 2021 pukul 07.00 WIB. Sebagian besar wilayah perairan Jatim cuacanya berawan dengan arah angin dominan dari Timur – Tenggara dan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 16 knots dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots.

Prakiraan cuaca maritim wilayah perairan Jatim. Foto: BMKG Maritim Jatim

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura berkisar 0.2 – 1.0 m, di Laut Jawa bagian timur 0.5 – 1.5 m. Waspadai gelombang tinggi di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim yang mencapai lebih dari 2.5 m.(frh/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
29o
Kurs