Rabu, 8 Mei 2024

Yayasan Buddha Tzu Chi Donasikan Lima Ribu Oksigen Konsentrator untuk Penanganan Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden menerima donasi oksigen konsentrator dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI, Selasa (27/7/2021), di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta. Foto: biro pers setpres

Sebanyak 500 unit oksigen konsentrator, pada Selasa (27/7/2021), diserahkan secara simbolis kepada Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Oksigen konsentrator itu baru 10 persen dari total lima ribu unit yang didonasikan Yayasan Buddha Tzu Chi dan Pengusaha Peduli NKRI, untuk penanganan Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia.

Hong Tjin Sekretaris Umum Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mengatakan, aksi sosial dan donasi oksigen konsentrator bukan yang pertama kalinya dilakukannya bersama Pengusaha Peduli NKRI.

Sebelumnya, para pengusaha dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia juga sudah mendonasikan alat tes cepat, masker, ventilator, dan bantuan beras.

“Kami mendapatkan info oksigen sangat penting dalam penanganan Covid-19. Oleh karena itu, atas inisiatif dan prakarsa Yayasan Buddha Tzu Chi pusat yang ada di Taiwan, kami berkontribusi sebanyak lima ribu oksigen konsentrator, dikirimkan dari luar negeri ke Indonesia. Sekarang ada 500 unit yang sudah sampai. Sisanya 4.500 kami harapkan minggu depan sampai dan segera kami salurkan,” ujarnya di Istana Kepresidenan Jakarta.

Nantinya, lima ribu unit oksigen konsentrator akan disebar ke sejumlah daerah, di antaranya DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, pihaknya akan mengoordinir penyaluran oksigen konsentrator dari Yayasan Buddha Tzu Chi ke sejumlah rumah sakit yang membutuhkan.

Pada kesempatan itu, Kepala Sekretariat Presiden menyerahkan secara simbolis oksigen konsentrator kepada perwakilan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi.

Sementara, Yayasan Buddha Tzu Chi menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan dari RSUD Kota Bogor dan RS Polri.

Bantuan untuk Poliklinik Sekretariat Negara dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta diserahkan Rika Kiswardani Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana selaku Ketua Satgas Covid-19 Kementerian Sekretariat Negara.

Kepala Sekretariat Presiden mengucapkan terima kasih kepada semua donatur yang berkontribusi mendonasikan oksigen konsentrator baik Yayasan Buddha Tzu Chi, Pengusaha Peduli NKRI, mau pun Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia.

Selain itu, Heru juga berterima kasih kepada semua perwakilan penerima dari rumah-rumah sakit yang hadir untuk menerima dan menyalurkan bantuan tersebut.

Dia berharap, oksigen konsentrator bisa bermanfaat membantu masyarakat terdampak Covid-19 yang membutuhkan bantuan oksigen.

“Tentunya di tangan Bapak, Ibu sekalian kami serahkan ini. Nanti ada hal-hal yang memang perlu ada tambahan kami usahakan demi kemanusiaan. Sekali lagi, semoga Bapak bisa manfaatkan ini dengan baik dan kita bisa membantu dan tentunya memberikan lebih sehat lagi kepada masyarakat yang terkena Covid,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Lies Dina Liastuti Direktur RSCM, Letkol Ckm Yudi Priyanto perwakilan RSPAD, Kusnanto Saidi Direktur Utama RSUD Kota Bekasi, Ilham Chaidir Direktur Utama RSUD Kota Bogor, Brigjen Polisi Asep Hendradiana Kepala RS Polri Kramat Jati, Widyastuti Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan Kombes Polisi Didiet Setioboedi Kabid Dokkes Polda Metro Jaya.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs