Senin, 30 Januari 2023

138 ODGJ di Liponsos Keputih Divaksin Dosis Dua

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang berada di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya, saat antre vaksin pfizer dosis kedua, pada Selasa (23/8/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sebanyak 138 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih Surabaya, mendapat suntikan vaksin Covid-19 jenis Pfizer pada Selasa (23/8/2022)

Iman Muhaji Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Liponsos Keputih, mengatakan vaksinasi yang diberikan kepada ODGJ merupakan vaksin tahap kedua.

“Vaksinasi hari ini merupakan tahap yang kedua,” ucapnya kepada suarasurabaya.net.

Dalam kesempatan itu, ia juga menambahkan bahwa vaksinasi dosis pertama, sudah dilakukan oleh Liponsos Keputih sejak bulan April yang lalu. “Jadi, untuk tahap yang pertama sudah dilakukan sejak bulan April kemarin,” ucapnya.

Ia juga menceritakan, bahwa proses untuk menyelenggarakan vaksinasi ini cukup panjang. Karena, banyak dari ODGJ belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sehingga, harus membuat KTP terlebih dahulu sebagai syarat untuk pendaftaran vaksin saat dosis pertama.

“Ini bisa dibilang agak telat, karena baru bulan April melakukan vaksin dosis pertama. Jadi, terlebih dahulu mengurus persyaratan, yang belum punya KTP kita buatkan. Baru setelah dapat KTP kita cek melalui peduli lindungi untuk memastikan datanya masuk, kalau sudah baru kita lakukan vaksin,” ucapnya.

Sementara itu, dalam menyelenggarakan program vaksinasi untuk ODGJ ini, pihak Liponsos Keputih bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, yang kemudian diarahkan untuk melakukan vaksinasi dengan Puskesmas Keputih.

“Untuk vaksinasi sekarang ini, kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, dan Dinas Kesehatan menunjuk Puskesmas Keputih. Jadi dari Dinas Kesehatan kita koordinasi dengan Puskesmas terkait dengan ketersediaan vaksin dan penentuan jadwal. Setelah itu, baru kita bisa melaksanakan seperti sekarang ini,” tukasnya.

Melalui vaksinasi massal ini, Imam berharap agar semua ODGJ yang berada Liponsos, terpenuhi vaksinnya dan dapat terlindungi dari wabah Covid-19.(ris/iss/rst)

Berita Terkait