Selasa, 16 Agustus 2022

Amerika Sumbangkan 35,8 Juta Dosis Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Vaksin Covid-19 USA (COVAX). Foto: Antara

Dengan tambahan 3,5 juta dosis vaksin Pfizer yang tiba di Jakarta pada hari ini, Amerika Serikat telah menyumbangkan 35,8 juta dosis ke Indonesia dan lebih dari setengah miliar dosis vaksin ke lebih dari 110 negara di berbagai kawasan di dunia, kata Kedutaan Besar AS di Jakarta, Minggu (3/4/2022) yang dikutip Antara.

Menurut Kedubes AS, untuk setiap dosis vaksin yang diberikan di Amerika Serikat, hampir satu dosis telah dikirim ke luar negeri. Langkah itu dilakukan dalam waktu sembilan bulan untuk mewujudkan janji Joe Biden Presiden AS untuk menyumbangkan lebih dari 1,2 miliar dosis vaksin Covid-19 yang aman dan efektif ke seluruh dunia.

“Vaksin adalah salah satu cara terbaik untuk mengendalikan pandemi ini. Dengan vaksin, kita membantu melindungi satu sama lain dari penularan dan kembali aktif dalam dunia yang lebih sehat dan lebih produktif,” kata Jeff Cohen Direktur Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Indonesia.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk terus menghidupkan semangat solidaritas dan bermitra dengan rakyat Indonesia dan mitra-mitra kami. Bersama-sama, kita akan mengalahkan Covid-19,” ujar Cohen.

Amerika Serikat sejauh ini merupakan donor terbesar bagi skema akses global vaksin Covid-19 (COVAX).

Bekerja sama dengan Dana Anak-anak PBB (UNICEF), COVAX telah mengirimkan lebih dari satu miliar dosis vaksin ke negara-negara di seluruh dunia, termasuk lebih dari 100 juta dosis untuk Indonesia.

Selain itu, Amerika Serikat memberikan dukungan untuk tempat vaksinasi di Indonesia, termasuk klinik keliling untuk lansia dan penyandang disabilitas sehingga bisa melakukan vaksinasi di halaman rumahnya.

AS melalui USAID juga melatih petugas kesehatan dan mendukung distribusi vaksin hingga ke daerah terpencil di Indonesia, untuk membantu masyarakat di semua provinsi memiliki akses terhadap vaksin.

Sejak awal pandemi Covid-19, pemerintah AS telah memberikan lebih dari 77 juta dolar AS (Rp1,11 triliun) untuk mendukung Indonesia dalam penanganan pandemi.

Sementara itu, USAID sejauh ini telah memberikan dukungan untuk lebih dari 10.000 kegiatan vaksinasi di Indonesia. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
27o
Kurs