Jumat, 3 Mei 2024

Astronaut Buzz Aldrin Jual Barang yang Dikenakan Saat ke Bulan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Astronaut Buzz Aldrin. Foto: Antara

Jaket yang dikenakan Buzz Aldrin, astronaut Amerika Serikat (AS) saat pergi ke bulan pada tahun 1969 dilelang senilai 2,7 juta dolar AS, atau senilai (Rp40 miliar) di New York pada Selasa (26/7/2022).

Jaket putih dengan bendera Amerika dan inisial NASA serta nama “E.Aldrin” yang pernah disematkan di bulan adalah benda-benda koleksi pribadi astronaut (29) tersebut, yang diputuskan untuk dijual.

Seperti dikutip dari Antara, Rabu (27/7/2022). Sotheby’s perusahaan/balai lelang benda seni rupa, seni dekoratif, perhiasan, real estate serta barang – barang koleksi menjelaskan, baju langka tersebut diburu oleh banyak penawar selama hampir 10 menit sebelum dijual kepada penawar lewat telepon.

“Sekarang waktu yang tepat untuk berbagi barang-barang ini kepada dunia, yang menurut sebagian orang adalah simbol momen bersejarah, tapi buat saya adalah kenangan pribadi dari hidup yang didedikasikan untuk sains dan eksplorasi,” jelas Aldrin, satu-satunya kru penerbangan Apollo 11 yang masih hidup.

Ia menjelaskan, jaket itu terpisah dari pakaian luar angkasa yang dia kenakan saat berjalan di bulan bersama astronaut Neil Armstrong.

Pakaian luar angkasa yang dipakai Aldrin dan Armstrong di bulan, kini jadi koleksi National Air and Space Museum di Washington.

Sebagai Informasi, total lelang di New York tersebut berhasil mengumpulkan 8,2 juta dolar AS untuk 68 barang yang terjual. Dari 60 barang yang ditawarkan termasuk rencana penerbangan senilai 819.000 dolar AS. (ant/des/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
25o
Kurs