Sabtu, 27 April 2024

BI: Cadangan Devisa RI Turun Menjadi 139,1 Miliar Dolar

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi petugas Bank Indonesia memindahkan uang untuk dikirim ke kantor cabang Foto: Antara

Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Maret 2022 tetap tinggi, yakni sebesar 139,1 miliar dolar AS, meskipun terjadi penurun dibandingkan dengan posisi akhir Februari 2022 yang sebesar 141,4 miliar dolar AS.

Erwin Haryono Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi di Jakarta yang dilansir Antara, Kamis (7/4/2022) menyebut, penurunan posisi cadangan devisa pada bulan lalu antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Kendati menurun, lanjut erwin, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,2 bulan impor atau 7,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

BI juga menilai cadangan devisa tersebut, mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Ke depan, bank sentral itu memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga.

Hal tersebut seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs