Selasa, 27 September 2022

BMKG: Sekolah Lapang Dukung Terwujudnya Pertanian-Perikanan Digital

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG). Foto : Dokumen Humas Pemkot Surabaya

Dwikorita Karnawati, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan sekolah lapang yang dilaksanakan pihaknya mendukung terwujudnya pertanian dan perikanan digital.

“BMKG secara terus menerus melaksanakan sekolah lapang iklim dan sekolah lapang cuaca nelayan untuk mewujudkan dan mendukung pertanian serta perikanan digital atau pertanian dan perikanan modern,” kata Dwikorita dalam sambutan di Rakornas BMKG tahun 2022 secara daring di Jakarta, Senin (8/8/2022) dikutip Antara.

Dia mengatakan dalam 10 tahun terakhir pelaksanaan sekolah lapang iklim telah menjangkau 451 lokasi di tingkat kabupaten dan di 33 provinsi, serta telah melatih 16.000 peserta.

Capaian tersebut sejalan dengan peningkatan pemahaman para penyuluh dan petani tentang informasi iklim untuk pertanian yang berdampak pada luaran hasil produktivitas lahan, dimana sekolah lapang iklim dioperasionalkan secara rata-rata berhasil meningkatkan sekitar 30 persen untuk komoditas pangan, seperti padi jagung dan hortikultura.

Sekolah lapang cuaca nelayan yang dilaksanakan mulai tahun 2016 hingga saat ini sudah memfasilitasi 10.118 peserta di 159 lokasi yang tersebar di 33 provinsi di Tanah Air.

“Pemahaman yang lebih baik terhadap informasi cuaca yang diintegrasikan dengan fishing ground akan membawa perubahan paradigma dari mencari ikan menjadi menangkap ikan. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan di laut akibat faktor cuaca,” kata Dwikorita.

Sejalan dengan peningkatan pemahaman kegiatan sekolah lapang cuaca nelayan ini, telah meningkatkan secara rata-rata hasil tangkapan ikan sekitar 20-30 persen.

Dalam acara tersebut Dwikorita meluncurkan portal sekolah lapang iklim dan konsorsium nasional gempa bumi dan tsunami. (ant/gat/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
32o
Kurs