Jumat, 29 Maret 2024

BMKG Tegaskan Gempa di Cianjur Tidak Berpotensi Tsunami

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Sebuah toko di pusat Kota Cianjur rusak akibat gempa di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Foto: Antara

Dwikorita Karnawati Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa bumi Magnitude 5,6 yang berpusat di daerah Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) siang, tidak berpotensi mengakibatkan tsunami.

Dalam keterangan pers, sore hari ini di Jakarta, dia bilang gempa bumi dipicu pergeseran Sesar Cimandiri, di sebelah barat Provinsi Jawa Barat yang statusnya masih aktif.

Kekuatan gempa yang diukur dengan skala Modified Mercalli intensity (MMI), di wilayah Cianjur V-VI MMI, Garut dan Sukabumi IV-V MMI.

Lalu, Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor dan Bayah III MMI, Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok antara II-III MMI.

“Gempa magnitude 5,6 yang terjadi tadi siang tidak berpotensi tsunami. Sampai sekarang, terdeteksi ada gempa susulan antara magnitude 1 sampai 4,” ujarnya.

Berdasarkan hasil kajian InaRISK, sebanyak 32 kecamatan di Kabupaten Cianjur memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi.

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, pukul 15.30 WIB, ada 14 orang warga yang meninggal dunia, dan 17 orang warga mengalami luka-luka.

Korban luka serta meninggal dunia diduga akibat tertimpa reruntuhan bangunan dan terjatuh dari kendaraan.

Kemudian, ada sejumlah rumah dan bangunan fasilitas umum yang mengalami kerusakan pascakejadian tersebut.

Di samping bangunan rumah, Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB mendapatkan laporan satu bangunan pondok pesantren rusak berat, dan RSUD Cianjur mengalami kerusakan sedang.

Fasilitas publik yang masih diidentifikasi tingkat kerusakannya, antara lain tiga unit gedung pemerintah dua, tiga unit fasilitas pendidikan, dan satu unit tempat ibadah.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs