Rabu, 24 April 2024

BPBD: Jalur Jember-Banyuwangi di Gunung Gumitir Kembali Longsor

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas gabungan membersihkan material longsor dan pohon tumbang di jalur Gunung Gumitir, Kabupaten Jember, Minggu (6/11/2022) malam. Foto: Antara

Heru Widagdo Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengatakan akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi di kawasan Gunung Gumitir kembali longsor dan ada pohon tumbang, Minggu (6/11/2022) sore.

Mengurip Antara, jalan utama yang menghubungkan dua kabupaten di Jawa Timur ditutup total untuk kendaraan roda empat atau lebih hingga pukul 21.00 WIB. Sementara tim gabungan masih mengevakuasi pohon tumbang dan membersihkan material longsor di KM 34 di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

“Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin di kawasan Gunung Gumitir mengakibatkan tebing longsor dengan lebar 15 meter dan tinggi 8 meter, serta pohon berdiameter besar tumbang,” kata Heru Widagdo di Jember, Minggu.

Dia melanjutkan, saat kejadian berlangsung, Rangga Pratama seorang pengendara motor tertimpa pohon tumbang. Beruntung, pria asal Kabupaten Banyuwangi itu selamat dan bisa melanjutkan perjalanan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati melewati jalur Gumitir saat hujan deras mengguyur karena terdapat beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang,” tuturnya.

Heru menjelaskan pihaknya sudah meneruskan ke Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Jember dan Provinsi Jatim agar segera melakukan perbaikan, mengingat longsor susulan bisa datang sewaktu-waktu dan menyebabkan putusnya jalur tersebut.

“Mengingat lajur tersebut merupakan jalur penghubung antara Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi, serta perlunya tindakan preventif beberapa pohon butuh penanganan karena kondisi mengkhawatirkan pengguna jalan dan warga,” katanya.

AKP Suhartanto Kapolsek Sempolan mengatakan pembersihan material longsor masih dilakukan secara manual sehingga mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas dengan antrean kendaraan mencapai 5 kilometer, baik dari arah Jember ke Banyuwangi maupun sebaliknya.

“Kendaraan roda empat atau lebih sebaiknya menggunakan jalur alternatif dari Jember menuju ke Banyuwangi atau sebaliknya dengan rute Jember-Bondowoso-Situbondo-Banyuwangi, sedangkan pengendara roda dua masih bisa melintas dengan sangat hati-hati,” ujarnya.

Menurutnya, petugas gabungan masih mengevakuasi pohon tumbang dan membersihkan material longsor, sehingga akses jalan di jalur Gunung Gumitir hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja.

“Kami berusaha secepat mungkin untuk membersihkan material longsor dan pohon tumbang, agar akses jalan di jalur Gumitir bisa dilalui kembali,” katanya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, pada pukul 22.00 WIB, jalur di Gunung Gumitir bisa dilalui kendaraan roda empat setelah lima jam lebih petugas membersihkan material longsor dan pohon tumbang.(ant/tik/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs