Jumat, 26 April 2024

BPS: Persentase Lansia Jatim Meningkat, Mencapai 13,57 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi warga yang mengalami penuaan menjadi lansia. Foto: Pixabay

Laporan Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Timur yang dirilis oleh BPS Jatim menyebut, persentase lansia di Jawa Timur tahun 2021 mencapai 13,57 persen dari keseluruhan penduduk. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 13,10 persen. Hal ini menunjukkan bahwa Jawa Timur termasuk daerah dengan struktur penduduk menuju tua (ageing population).

Dalam laporan tersebut tertulis bahwa suatu daerah dikatakan memiliki struktur penduduk tua jika mempunyai populasi lansia di atas tujuh persen.

Dadang Hardiwan Kepala BPS Jatim menerangkan bahwa struktur penduduk yang menuju tua tersebut merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian pembangunan manusia, yaitu adanya peningkatan usia harapan hidup.

“Peningkatan usia harapan hidup berkaitan dengan adanya perbaikan kualitas kesehatan dan kondisi sosial masyarakat yang meningkat,” terang Dadang, seperti dikutip dari laman Kominfo Jatim, Selasa (27/12/2022).

Struktur Usia Penduduk Jawa Timur Tahun 2021. Foto: Kominfo Jatim

Keberhasilan tersebut, lanjut Kepala BPS Jatim, akan semakin berarti jika penduduk lansia bisa mandiri, berkualitas, serta dapat berperan dalam pembangunan.

Selain menjadi salah satu indikator keberhasilan pembangunan, peningkatan jumlah lansia ini juga merupakan tantangan dalam pembangunan.

Keberadaan lansia tidak bisa dikesampingkan dalam kehidupan keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Kepedulian akan kesejahteraan lansia tertuang dalam Undang-undang No. 13/1998 tentang Kesejahteraan Lansia.

“Amanat dari undang-undang tersebut adalah pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan dan perlindungan sosial bagi lansia agar mereka dapat mewujudkan dan menikmati taraf hidup yang wajar atau bahkan lebih baik lagi,” pungkas Dadang.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs