Jumat, 3 Mei 2024

Citraland Surabaya Peringati Hari Bumi Sedunia dengan Menanam Pohon

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Hendra Lauw Associate Director PT Ciputra Development Tbk bersama Agus Hebi Djuniantoro Kepala DLH Kota Surabaya menanam pohon di Square Park Taman Pusparaya, Jumat (22/4/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia, Jumat (22/4/2022) Citraland Surabaya menanam 36 pohon serta mulai memberlakukan kantong belanja ramah lingkungan di pasar tradisional modern Citraland.

Hendra Lauw Associate Director PT Ciputra Development Tbk mengatakan, dengan langkah ini Citraland ingin mengambil peran dalam melestarikan lingkungan sekaligus ikut menangani global warming di Indonesia.

“Total selama ini sudah lebih dari 30 ribu pohon di Citraland Surabaya yang sudah ditanam. Tapi tiap tahun kita tanam banyak sekali sih. Jenisnya macam-macam ada Tabebuya, Pule, tiap pengembangan lahan kita pakai konsep beda-beda,” ujar Hendra Lauw di acara peringatan Hari Bumi Sedunia di Citraland Fresh Market.

Selain menanam pohon, menurutnya sudah ada beberapa langkah yang diterapkan oleh Citraland selama ini untuk mengatasi global warming. Salah satunya tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai, dan menggantinya dengan kantong belanja ramah lingkungan.

“Kantong-kantong sampah itu udah pakai plastik oxium (plastik konvensional yang ditambahkan material katalis dan proses fragmentasinya bisa berjalan cepat dengan syarat adanya radiasi sinar UV dan paparan panas), kaca juga sudah Low-E (produk kaca dengan emisivitas rendah),” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya. Dalam sambutannya Agus menyampaikan apresiasi terhadap Citraland yang turut merayakan Hari Bumi Sedunia serta menginisiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, untuk menerbitkan Perwali Larangan Penggunaan Kantong Plastik.

“Terima kasih telah merayakan hari ini. Karena memang kita ini hidup tidak hanya kita saja tapi harus memikirkan anak cucu kita. Juga Citraland yang sudah menginisiasi Pemkot Surabaya untuk menerbitkan perwali larangan penggunaan kantong plastik,” ujarnya.

Total 36 pohon yang ditanam hari ini tersebar di tiga titik. 10 pohon di antaranya secara simbolis ditanam di Square Park Taman Pusparaya. Selain jajaran direksi Citraland, turut hadir juga Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Mayor Inf Muntholib Danramil 0832/08 Lakarsantri Surabaya, Camat Sambikerep, Camat Lakarsantri, Camat Pakal, dan Camat Benowo. Serta Citraland juga mengajak perwakilan warga sekitar.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs