Kamis, 25 Juli 2024

Eco Wisata Romokalisari Milik Pemkot Surabaya Siap Buka Bulan Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi saat mencoba wahana ATV di Eco Wisata Romokalisari. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menargetkan akan membuka secara resmi Eco Wisata Romokalisari pada pertengahan September 2022. Langkah itu termasuk upaya mengembangkan potensi pariwisata untuk mendongkrak perekonomian warga di Kota Pahlawan.

Total akan ada tujuh wahanan dalam satu lokasi wisata, yakni wahana ATV, perahu kano yang menyusuri danau mangrove Romokalisari, sepeda air, tunggang kuda, jetski, kapal wisata, serta Sentra Wisata Kuliner (SWK) Romokalisari.

“Jadi dalam satu lokasi wisata ada tujuh wahana. Ini yang memang kita gerakan dan rencananya Insya Allah pertengahan September 2022 dibuka,” kata Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Rabu (31/8/2022) sore.

Sebelumnya, Eri Cahyadi sudah melakukan pengecekan secara langsung bersama jajaran Pemkot Surabaya. Berbagai wahana yang tengah disiapkan, dicoba. Jalur ATV, menurut Eri masih perlu perbaikan.

“Sudah ada beberapa persiapan yang sudah berjalan, tetapi memang ada yang saya koreksi terutama untuk jalur ATV agar ada perbaikan lagi. Insya Allah perkiraan kita di pertengahan September 2022 itu sudah dibuka dengan jalur ATV yang pas,” lanjutnya.

Tak hanya itu, jalur wahana perahu kano juga sedang diperbaiki. Sebab, waktu pengoperasian wahana perahu kano saat ini bergantung pada pasang – surut air.

“Saya minta dibuatkan pintu air, agar bisa mengatur debit air untuk wahana ini. Sehingga operasional untuk perahu kano ini bisa mulai pukul 06.00 WIB,” terang dia.

Jika tidak dibuat pintu air, maka jam pengoperasian wahana perahu kano baru bisa dinikmati pukul 09.00 atau 10.00 WIB. “Dan ini tergantung hari, maka kita mainkan dengan memasang pintu air,” imbuhnya.

Selanjutnya, pada wahana tunggang kuda. perbaikan dilakukan pada pelana kuda, hingga kesiapan para petugas wahana untuk mengarahkan wisatawan atau pengunjung yang ingin menikmati wahana tunggang kuda.

Eri Cahyadi saat mencoba menaiki wahana berkuda Eco Wisata Romokalisari. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

“Ada beberapa masukan kepada dinas terkait, untuk perbaikan sehingga pada minggu kedua September 2022 sudah beroperasi. Sambil terus berjalan untuk menyempurnakan,” ungkapnya. (lta/bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
29o
Kurs