Rabu, 24 April 2024

Hari Ini, Presiden Meresmikan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan di Pangkalan Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (26/9/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Selasa, (20/12/2022), melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Presiden bersama Iriana Ibu Negara berangkat sekitar pukul 08.00 WIB, menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan Udara TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Pangkalan Udara TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Presiden dan Ibu Negara disambut Mayjen TNI Farid Makruf Pangdam V/Brawijaya, dan Irjen Pol. Toni Harmanto Kapolda Jawa Timur.

Selanjutnya, RI 1 menuju Pasar Sukolilo, Kabupaten Madiun. Di situ, Presiden menyalurkan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang dan pelaku usaha mikro kecil.

Kemudian, pemberian bantuan sosial juga dilakukan Kepala Negara di Pasar Rejoso, Kabupaten Nganjuk.

Sesudahnya, Jokowi Presiden dijadwalkan meresmikan Bendungan Semantok, di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso.

Bendungan yang termasuk salah satu Program Strategis Nasional (PSN) itu digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Total nilai proyek pembangunan bendungan itu mencapai Rp 1,1 triliun.

Dengan kemampuan menampung 32,6 juta meter kubik air dari Sungai Semantok, bendungan itu diharapkan bisa memperkuat ketahanan air dan pangan di Kabupaten Nganjuk.

Bendungan tersebut juga dilengkapi jaringan irigasi yang bisa menyalurkan air pada waktu musim kemarau, untuk mencegah kekeringan areal persawahan seluas 1.900 hektare.

Pemerintah berharap beroperasinya Bendungan Semantok bisa menggenjot hasil produksi pertanian Kabupaten Nganjuk.

Selain itu, Bendungan Semantok juga diproyeksikan menjadi destinasi wisata di Jawa Timur, supaya bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat.

Sekadar informasi, di masa kepemimpinan Jokowi Presiden, tercatat sudah ada lima bendungan yang selesai pembangunannya dan sudah beroperasi di Jawa Timur.

Yaitu Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Bendungan Tugu di Kabupaten Trenggalek, Bendungan Bendo di Kabupaten Ponorogo, Bendungan Gongseng di Kabupaten Bojonegoro, dan Bendungan Semantok di Kabupaten Nganjuk.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs