Minggu, 5 Mei 2024

Hujan Lebat Diprakirakan Mengguyur Jatim dan sebagian Besar Wilayah Indonesia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Sabtu (19/2/2022) hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Jatim dan sebagian besar wilayah Indonesia.

Mengutip keterangan tertulis dari BMKG Juanda, diimbau untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang-sore hari di wilayah Bojonegoro, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Juga pada malam hari di wilayah Ponorogo dan Banyuwangi, serta dini hari di wilayah Sumenep.

Di wilayah Jawa Timur, suhu udara berkisar 15 – 33 derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 100%,  dan angin dominan dari Timur Laut – Timur dengan kecepatan 5 – 30 km/jam.

BMKG Juanda juga menyampaikan peringatan dini selama 3 hari, sebagai berikut:

Sementara itu Antara melansir, BMKG Pusat memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang mengguyur sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Sabtu (19/2/2022).

Hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.

Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga berpeluang mengalami hujan lebat.

Hujan lebat bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor.

Menurut BMKG, wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, dan Nusa Tenggara Barat masuk dalam kategori waspada banjir.

Wilayah provinsi lain yang masuk kategori waspada banjir yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, Provinsi DKI Jakarta dan Bali diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan.

Di wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi turun di Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada siang hari dan Kepulauan Seribu pada dini hari serta hujan dengan intensitas sedang berpeluang terjadi di Jakarta Selatan pada siang hari ini.(ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs