Rabu, 17 Agustus 2022

Ibu Negara RI Serahkan Bantuan Kemanusiaan buat Rumah Sakit di Kota Kiev

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Iriana Ibu Negara RI menyerahkan bantuan kemanusiaan secara simbolis untuk rumah sakit di Kota Kiev, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Foto: Biro Pers Setpres

Iriana Ibu Negara RI, Rabu (29/6/1022), menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina, yang ada di Kota Kiev.

Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut dilakukan bersama Joko Widodo Presiden RI, usai meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin yang hancur akibat terkena senjata Militer Rusia.

“Tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit korban dari peperangan,” ucap Ibu Iriana usai menyerahkan bantuan.

Lebih lanjut, Ibu Iriana menyampaikan harapannya sulaya perang antara Ukraina dan Rusia segera berakhir.

“Dengan mengucap Bismillah, saya mendampingi Bapak Presiden, semoga peperangan segera berakhir karena sangat merinding saya melihat langsung,” imbuhnya.

Selain bantuan kemanusiaan untuk rumah sakit, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina, dan berkomitmen merekonstruksi rumah sakit yang rusak akibat perang.

“Selain bantuan secara simbolis yang disampaikan Ibu Negara, Pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang,” ucap Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dalam keterangan di tempat terpisah.

Seperti diketahui, Presiden RI punya agenda kunjungan kerja ke Kota Kiev untuk bertemu Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina.

Kemudian, Jokowi juga akan melawat ke Kota Moskow, Rusia, bertemu Vladimir Putin Presiden Rusia.

Dalam keterangan pers sebelum lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022), Jokowi bilang membawa misi perdamaian untuk mengatasi krisis akibat perang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, pihak Rusia segera menghentikan serangan militer ke wilayah Ukraina, dan sama-sama mewujudkan perdamaian.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Rabu, 17 Agustus 2022
26o
Kurs