Minggu, 28 April 2024

Jalan Menuju Lokasi Wisata Kampung Nelayan Sedati Sidoarjo Dibeton

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo menaiki sepeda angin ketika meninjau Jalan Betro-Kalanganyar di Sedati Sidoarjo Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022) Foto: Pemkab Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melakukan betonisasi ruas jalan Betro-Kalanganyar yang merupakan akses utama menuju lokasi wisata kampung nelayan di Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo.

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo di Sidoarjo, Sabtu (4/6/2022) mengatakan betonisasi ruas jalan Betro – Kalanganyar Kecamatan Sedati dilakukan tahun 2022 ini dengan total panjang sekitar 850 meter.

“Pengerjaannya akan dimulai sekitar akhir Juni atau paling lambat Juli 2022. Pembangunan infrastruktur jalan di kawasan Sedati timur tersebut masuk dalam prioritas Pemkab Sidoarjo,” katanya seperti dilaporkan Antara.

Gus Muhdlor sapaan akrabnya mengatakan sudah memproyeksikan sepanjang jalan Betro – Kalanganyar akan dibeton untuk memperlancar akses ekonomi di wilayah Sedati mengingat kawasan tersebut sudah menjadi kawasan ekonomi wisata.

“Pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. Targetnya akan dibeton sampai ke Desa Kalanganyar,” ujarnya.

Ks mengatakan, jalur utama menuju kampung nelayan Desa Kalanganyar itu sekarang sudah menjadi kawasan wisata khususnya wisata pemancingan.

“Selain itu juga menyimpan potensi wisata alam yakni wisata bakau yang bisa dikembangkan,” ujarnya.

Oleh karenanya, kata dia, pembangunan di kawasan kampung nelayan itu masuk dalam program prioritas pembangunan infrastruktur terutama program betonisasi.

Gus Muhdlor mengatakan pemkab terus meningkatkan infrastruktur jalannya terlebih dulu selanjutnya akan fokus pada pengembangan objek wisata.

Desa Kalanganyar dan desa sekitarnya, seperti Desa Cemandi merupakan kawasan kampung nelayan. Selama ini program peningkatan infrastruktur dan pengembangan objek wisatanya belum tergarap dengan maksimal.

Oleh sebab itu, ia ingin kedua desa tersebut dikembangkan menjadi obyek wisata kampung nelayan dengan memberdayakan BUMDes-BUMDes yang ada.

“Desa Kalanganyar ini termasuk desa nelayan dan sudah menjadi objek wisata bagi para penghobi mancing. Khususnya mancing ikan bandeng. Nanti bisa dikembangkan lagi, seperti wisata bakai bisa digarap. BUMDesnya juga dikembangkan lagi karena potensi ekonomi desanya cukup tinggi. Yang penting infrastruktur jalannya dulu yang dibenahi,” katanya.

Plt. Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga SDA Rizal Asnan mengungkapkan, pihaknya sudah selesai lelang dan sudah penandatanganan SPK (Surat Perintah Kerja).

“Kalau tidak molor sekitar dua minggu lagi jalan rusak ruas Betro-Kalanganyar mulai dibeton. Panjangnya sekitar 850 meter. Betonisasi akan dilanjutkan lagi tahun depan seperti yang diperintahkan Pak Bupati,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs