Rabu, 24 April 2024

Jepang Berencana Kembali Hibahkan Kapal Patroli Untuk Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kishida Fumio Perdana Menteri Jepang saat melakukan kunjungan kenegaraan dan disambut Joko Widodo Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022). Foto: YouTube resmi Sekretariat Presiden

Pemerintah Jepang berencana menghibahkan kembali kapal patroli, yang nantinya akan digunakan Badan Keamanan Laut RI dalam upaya memastikan keamanan wilayah perairan dan laut.

Rencana itu disampaikan langsung oleh Kishida Fumio Perdana Menteri (PM) Jepang dalam kunjungan kenegaraan dan pertemuan bilateral bersama Joko Widodo Presiden di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022).

“Untuk menjaga kedamaian dan keamanan di perairan laut seputar Indonesia, kami merencanakan untuk memulai studi pemberian kapal patroli kepada Bakamla Indonesia agar potensi penjaga laut tetap bisa ditingkatkan,” kata Kishida dalam jumpa pers bersama Jokowi Presiden yang dikutip Antara dari siaran langsung kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Sebagai informasi, ini bukan kali pertama pemerintah Jepang menghibahkan kapal patroli, maupun kapal pengawas kepada Indonesia.

Sebelumnya, pada 30 November 2007, pemerintah Jepang menghibahkan tiga unit kapal patroli kepada polisi perairan di bawah Kepolisian RI, yang masing-masing diberi nama Kapal Patroli (KP) Anismadu dengan nomor lambung 649, KP Hayabusa 648 dan KP Taka 640.

Selanjutnya pada 14 Februari 2020, Jepang juga menghibahkan satu unit kapal pengawas perikanan Hakurei Maru kepada Indonesia, disertai bantuan dana perbaikan dan perlengkapan komponen kapal senilai 2,2 miliar yen.

Selain hibah kapal, perhatian Jepang membantu Indonesia dalam bidang kelautan dan perikanan juga tertuang melalui dana hibah sebesar 5,5 miliar yen (sekitar Rp704 miliar), yang disampaikan untuk pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan (SKPT) di enam pulau terluar di wilayah RI.

Dalam kesempatan yang sama, Jokowi Presiden mengapresiasi partisipasi Jepang atas pembangunan keenam SKPT tersebut, dua di antaranya telah selesai yakni di Natuna dan Biak.

“Saya menyambut baik partisipasi Jepang dalam pembangunan sentra kelautan dan perikanan di Natuna dan Biak yang telah selesai, dan komitmen pembangunan sentra-sentra serupa di Sabang, Moa, Saumlaki, dan Morotai,” kata Presiden Jokowi.

Ini menjadi kunjungan pertama dari Kepala Pemerintahan Jepang ke Indonesia sejak Suga Yoshihide Perdana Menteri sebelum Kishida, berkunjung pada bulan Oktober 2020.

Indonesia sendiri menjadi negara pertama yang dikunjungi rombongan Jepang, dalam lawatan ke kawasan Asia Tenggara. Kishida PM juga dijadwalkan untuk meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada hari Sabtu (30/5/2022).

Turut mendampingi Jokowi Presiden dalam pertemuan bilateral tersebut, antara lain, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri , Pratikno Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Muhammad Lutfi Menteri Perdagangan, dan Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs