Kamis, 8 Desember 2022

KAI Open House Balai Yasa Surabaya Gubeng, Masyarakat Bisa Lihat Langsung ‘Dapurnya’ Kereta Api

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pengunjung saat berada di dalam Balai Yasa Surabaya Gubeng, pada Minggu (25/9/2022). Foto: Risky suarasurabaya.net

PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi membuka Balai Yasa Kereta Api Surabaya Gubeng untuk pertama kalinya kepada publik pada Minggu (25/9/2022).

Eko Purwanto Direktur Pengelolaan Sarana KAI mengatakan, open house Balai Yasa ini merupakan inovasi baru KAI yang ingin membuka diri kepada masyarakat, agar mereka bisa melihat ‘dapur’ kereta api, yakni tempat di mana KAI merawat seluruh sarana kereta api, dari lokomotif, kereta, KRD, KRDI, hingga KRL.

“Open House Balai Yasa ini sebagai sarana edukasi transportasi kereta api. Jadi, acara ini diharapkan dapat memberikan value bagi pendidikan, pemerhati, dan masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu ia juga menjelaskan, bahwa Balai Yasa adalah bengkel kereta api yang digunakan untuk melakukan perawatan besar sarana perkeretaapian periode dua tahunan dan empat tahunan dengan tingkat kesulitan kompleks.

Sarana yang dimaksud Eko yaitu lokomotif, kereta penumpang, gerbong barang, dan fasilitas sarana lainnya. Sedangkan untuk perawatan rutin seperti harian, 6 bulanan, dan 1 tahunan dengan tingkat kerusakan sarana ringan dilakukan di Depo.

Dalam acara yang dimulai pada pukul 08.30 WIB itu, KAI juga memamerkan produk terbarunya, yakni Kereta Panoramic, sebuah kereta dengan desain kursi yang bisa menghadap ke arah jendela, dan penumpang dapat menikmati perjalanan dengan memandang panorama sekitar. Kereta Panoramic ini juga akan segera di-launching.

Ia juga mengatakan, KAI terus mengoptimalkan Balai Yasa agar dapat menunjang perjalanan kereta api yang selamat, nyaman, dan tepat waktu. Menurutnya, keunggulan sarana merupakan salah satu faktor kunci dalam mencapai ketepatan waktu perjalanan kereta api. Saat ini, ketepatan waktu kereta api angkutan penumpang mencapai 99,6 persen.

“Ke depan, KAI akan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder seperti Dinas Pariwisata dan Dinas Perekonomian, untuk memberikan value lebih kepada masyarakat. Sehingga fungsi Balai Yasa tidak hanya sebatas merawat sarana kereta api, tetapi juga sebagai wahana pendidikan dan menghidupkan perekonomian,” tambahnya.

Acara yang diselenggarakan hingga 27 September itu, juga bagian dari rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 KAI yang jatuh pada 28 September. Yang mana, dalam HUT tersebut, KAI memakai tema Bangkit Lebih Cepat, Melayani Lebih Baik.

Sebagai diketahui, selain diselenggarakan di Balai Yasa Surabaya Gubeng, acara open house ini juga diadakan di dua tempat lainnya oleh KAI, yakni di Balai Yasa Yogyakarta yang dibuka pada Jumat (23/9/2022) dan di Balai Yasa Manggarai yang akan dibuka pada Senin (26/9/2022) besok.(ris/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
31o
Kurs