Jumat, 29 Maret 2024

Kemenag Finalisasi Data Jemaah Haji Reguler yang Berhak Berangkat Tahun Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Umat muslim melakukan tawaf dengan jaga jarak saat jelang puncak ibadah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (17/7/2021). Foto: Reuters/Ahmed Yosri

Kementerian Agama (Kemenag) terus melakukan finalisasi data jemaah haji yang berhak berangkat tahun ini.

Saiful Mujab Direktur Pelayanan Haji dalam Negeri mengatakan, finalisasi terus dilakukan mengingat waktu keberangkatan gelombang pertama kurang dari sebulan lagi.

“Waktu persiapan penyelenggaraan haji sudah tidak banyak. Tanggal 4 Juni 2022 sudah mulai ada pemberangkatan. Sesuai arahan Menteri Agama, kami optimalkan masa cuti lebaran untuk finalisasi data jemaah haji reguler berangkat tahun 2022,” terang Saiful Mujab dalam keterangan resmi Kemenag, Minggu (8/5/2022).

Menurutnya, finalisasi harus segera diselesaikan agar data tetap jemaah haji reguler yang berangkat tahun ini bisa diumumkan. Sehingga, mereka memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan.

Alhamdulillah untuk data jemaah haji reguler berhak berangkat tahun 2022, per hari ini sudah selesai. Semua data sudah kami koordinasikan dengan Kanwil dan juga tim Siskohat. Proses berikutnya adalah penerbitan SK Dirjen PHU,” sebut Saiful Mujab.

Dia mengimbau agar calon jemaah haji mengakses data final di situs resmi Kemenag.

“Data final jemaah berangkat tahun 2022 ini akan kami umumkan melalui laman www.haji.kemenag.go.id agar jemaah bisa segera mengaksesnya. Kami targetkan, awal pekan depan data sudah diumumkan,” tandasnya.

Seperti diketahui, tahun ini Pemerintah Arab Saudi melalui aplikasi e-Haj mengumumkan jemaah haji reguler mendapat 92.825 kuota. Sementara untuk haji khusus, Saudi juga sudah menentukan sebanyak 7.226 jemaah. Kuota petugas tahun ini 1.901 orang. Sehingga, total jumlah kuota haji Indonesia 100.051 orang.(dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs