Sabtu, 20 Agustus 2022

Kemenag: Tingginya Harapan Jemaah Jadi Tantangan Petugas Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi haji. Foto: dok suarasurabaya.net

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut harapan jamaah haji untuk pelaksanaan haji 1443H/2022 M sangat tinggi, setelah dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19. Hal ini, dinilai menjadi tantangan bagi para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), untuk memberikan pelayanan terbaik.

“Tahun ini tantangan cukup besar. Harapan jemaah haji cukup tinggi. Petugas belum pernah bertugas. Harapan kita petugas melakukan tugasnya dengan baik walaupun waktu terbatas,” kata Suvianto Kasubdit Bina Petugas Haji Kemenag, Sabtu (21/5/2022) dilansir Antara.

Ia mengungkapkan, tantangan lain yang perlu disikapi adalah sebagian besar para petugas haji tahun ini belum pernah bertugas ke Tanah Suci, sehingga perlu diberikan pemahaman terkait tugasnya di masing-masing sektor. Terlebih lagi waktu pelatihan yang singkat, hanya sepekan sejak 16-22 Mei 2022.

Suvianto menyampaikan, sebanyak 841 calon petugas haji menjalani bimbingan teknisPPIH di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Total, terdapat 1.901 PPIH yang direkrut untuk melayani jamaah haji Indonesia tahun ini.

Setelah mendapatkan teori dan peningkatan pemahaman selama beberapa hari, para calon petugas haji melakukan gladi posko untuk mempraktikkan dan mengetahui tugas-tugas mereka dalam melayani jemaah.

“Kegiatan hari ini dalam rangka mengetahui sejauh mana materi bimbingan teknis untuk petugas diimplementasikan,” katanya.

Dalam gladi posko, dilakukan simulasi kedatangan jemaah haji di bandara, sampai pelayanan mereka tiba di hotel-hotel yang disiapkan serta penanganan berbagai masalah yang dihadapi jemaah.

Gladi tersebut juga menampilkan apa saja tugas-tugas yang harus dilakukan petugas haji dalam menyambut para tamu Allah SWT, mulai dari memberikan pelayanan transportasi, akomodasi, konsumsi hingga pelayanan ibadah sampai nantinya puncak haji.

Menurut dia, titik krusial ibadah haji seperti sebelumnya adalah saat pelaksanaan puncak haji di Arafah, Muzdhalifah dan Mina (Armuzna), di mana semua umat Muslim yang melaksanakan haji berkumpul untuk melakukan wukuf di Arafah, mabit atau bermalam di Mina hingga melempar jamarat.

“Persiapan ibadah haji saat ini sudah siap, tinggal menunggu keberangkatan jemaah kloter pertana yang dijadwalkan akan diterbangkan dari Tanah Air ke Madinah pada 4 Juni 2022,” pungkas Suvianto. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 20 Agustus 2022
29o
Kurs