Rabu, 6 Juli 2022

Jemaah Haji Indonesia Akan Menempati Lima Sektor di Mekkah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Umat muslim melakukan tawaf dengan jaga jarak saat jelang puncak ibadah haji di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (17/7/2021). Foto: Reuters/Ahmed Yosri

Para jemaah haji Indonesia akan ditempatkan di lima sektor di Mekkah, Arab Saudi pada pelaksanaan haji 1443 H/2022.

“Akomodasi di Mekkah sudah kontrak 100 persen. Hotel jemaah ini tersebar di lima wilayah, yaitu Mahbas Jin, Syisyah, Raudhah, Jarwal dan Misfalah,” kata Nasrullah Jasam Kepala Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah dalam keterangan tertulis yang dilaporkan Antara, Kamis (19/5/2022).

Dia menjelaskan, total akomodasi yang disiapkan ada 40 hotel dengan jumlah 26.647 kamar. Hotel terdekat dari Masjidil Haram berjarak 850 meter dan hotel terjatuh berjarak 4.220 meter.

Akomodasi di sektor Mahbas Jin disiapkan untuk jemaah dari embarkasi Surabaya (SUB) asal Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur dan embarkasi Lombok (LOP) asal Nusa Tenggara Barat.

Di sektor Syisyah disiapkan untuk jemaah dari embarkasi Batam (BTH) yang berasal Riau, Kepulauan Riau,Kalimantan Barat dan Jambi) serta jemaah dari embarkasi Ujung Pandang (UPG) jemaah asal Sulsel, Sulbar, Sultra, Gorontalo,Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sementara akomodasi di sektor Raudah untuk jemaah embarkasi Aceh (BTJ) asal Aceh, embarkasi Jakarta (JKG) asal Lampung, Banten dan DKI Jakarta.

Raudah juga akan ditempati jemaah dari embarkasi Palembang (PLM) asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, serta jemaah asal Sumatera Utara lewat embarkasi Medan (KNO).

Sedangkan sektor Jarwal akan ditempati jemaah embarkasi Solo (SOC) asal Jawa Tengah, embarkasi Padang (PDG) asal Sumatera Barat dan Bengkulu serta embarkasi Banjarmasin (BDJ) asal Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan juga jemaah dari embarkasi Balikpapan (BPN) asal Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah.

Seperti diketahui ibadah Haji 1443 H/2022 M merupakan pelaksanaan haji pertama kali setelah Tanah Suci Mekkah dan Madinah ditutup untuk jemaah asal luar Arab Saudi karena pandemi Covid-19.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 6 Juli 2022
27o
Kurs