Jumat, 3 Februari 2023

Kemenkes Konfirmasi Kasus Cacar Monyet Pertama di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Mohammad Syahril Juru Bicara Kemenkes. Foto: Tangkapan layar YouTube

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan adanya pasien pertama yang terkonfirmasi positif Cacar Monyet (Monkeypox), di Indonesia.

Pengumuman itu disampaikan Mohammad Syahril Juru Bicara Kemenkes, sore hari ini, Sabtu (20/8/2022), dalam konferensi pers, di Jakarta.

Menurutnya, pasien yang terinfeksi Monkeypox laki-laki berusia 27 tahun dengan riwayat bepergian dari luar negeri. Pasien mengalami gejala demam tanggal 14 Agustus 2022.

“Hari ini ada satu terkonfirmasi dari Jakarta, berusia 27 tahun sesudah kami dapat laporan pemeriksaan PCR tadi malam,” ujarnya.

Selain demam, pasien juga mengalami pembengkakan kelenjar di leher, dan mengalami ruam di tangan, kaki, leher, wajah dan di area genital.

“Keadaan pasien baik-baik saja, dalam istilah Covid-19 gejala ringan. Jadi, pasien tidak perlu dirawat cukup isolasi mandiri di rumah,” imbuhnya.

Syahril menjelaskan, kasus konfirmasi Cacar Monyet merupakan suspek ke-23 yang diperiksa Kemenkes.

Sebanyak 22 suspek sebelumnya negatif tes PCR dengan reagen pendeteksi Cacar Monyet.

“Satu kasus ini dinyatakan positif melalui tes PCR selama dua hari. Apalagi, dia memiliki masa inkubasi yang lama yaitu 21 hari sebelum akhirnya menimbulkan gejala,” paparnya.

Untuk mencegah penyebaran, Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan surveilans kepada kontak erat pasien.

“Dinkes DKI melakukan pemeriksaan, apakah kasus cacar monyet yang menular memerlukan kontak tracing pernah kontak erat dengan pasien tersebut,” tegasnya.(rid/iss)

 

Berita Terkait