Sabtu, 27 April 2024

Kepala OPD Teken Pakta Integritas, Gus Muhdlor Akan Evaluasi Kinerja Lambat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Penandatanganan perjanjian kinerja dan pakta integritas Kepala OPD Sidoarjo di hadapan Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo, Senin (7/2/2022). Foto: Kominfo Sidoarjo

Seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo menandatangani perjanjian kinerja dan pakta integritas di depan Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo.

Penandatanganan itu berlangsung di pendopo Delta Wibawa, Senin (7/2/2022), turut disaksikan Usman Ketua DPRD Sidoarjo serta oleh Agustin Mutakim Koordinator Perencanaan Kinerja dan Anggaran Pemkab Sidoarjo secara daring.

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor mengatakan, penandatanganan perjanjian kinerja itu bukan hanya acara seremonial setiap tahun. Semua kepala OPD diminta serius mewujudkan target kinerja yang ada.

“Ini bukan seremonial belaka, akan ada follow up dan akan kami lihat kinerja kepala OPD seperti apa. Saya akan melakukan monitoring secara berkala terhadap target-target yang sudah ditetapkan. Jika kinerjanya lambat, ya, akan langsung dievaluasi,” katanya.

Penandatanganan kinerja itu, kata dia juga untuk mewujudkan visi yang disepakati dalam RPJMD Kabupaten Sidoarjo, serta lima misi yang di dalamnya termaktub enam tujuan dan sembilan indikator kinerja utama.

Di antaranya meningkatkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan tangkas berbasis digital serta pelayanan publik yang berkualitas yang mendukung kemudahan berusaha.

Tujuan lainnya adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi inklusif melalui percepatan industri dan perdagangan serta mendorong potensi lokal melalui pengembangan usaha mikro, koperasi, pertanian dan perikanan.

Selain itu juga agar tercipta lapangan kerja yang berdampak pada penanggulangan kemiskinan.

“Masing-masing tujuan itu sudah saya breakdown ke 30 indikator kinerja daerah dan 17 program prioritas daerah yang sudah saya bagi habis ke perangkat daerah dan semua sudah ada target yang harus dicapai pada 2022 ini,” katanya.

Agustin Mutakim Koordinator Perencanaan Kinerja dan Anggaran yang hadir secara virtual sebagai narasumber mengatakan, target-target Pemkab Sidoarjo bisa dicapai lewat program kegiatan yang dilakukan seluruh OPD.

Untuk mencapai target itu, OPD diminta untuk bekerja sama dan bersinergi dengan OPD lainnya. Sehingga seluruh kepala OPD dia harapkan selalu berkomitmen untuk mencapainya.

“Mindset kita perlu diubah, kita bekerja tidak semata-mata hanya untuk mencapai kinerja OPD masing-masing, tapi bagaimana menjamin kepastian tercapainya kinerja bupati, kinerja Kabupaten Sidoarjo tahun 2022,” kata Agustin.

Kegiatan itu juga dibarengi dengan pemberian penghargaan bupati Sidoarjo kepada Kecamatan Tulangan atas integritas dan komitmen dalam kepatuhan pelaporan penerimaan gratifikasi tahun 2021.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo kepada camat Tulangan sebagai peringkat pertama. Di peringkat kedua diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu, ada penghargaan atas integritas dan komitmen dalam kepatuhan pelaporan benturan kepentingan tahun 2021 yang diberikan kepada Kecamatan Tulangan sebagi peringkat pertama.

Penghargaan yang sama untuk peringkat kedua diberikan kepada Inspektorat Kabupaten Sidoarjo.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs