Jumat, 26 April 2024

Khofifah Apresiasi Tupal Fashion Night dalam Kick Off Satu Abad NU

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Gawagis dan Nawaning saat memperagakan busana buatan Ning Ficky Aisya dan Listya Ayu Qudus dari Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan, Kamis (28/7/2022). Foto: Humas Pemprov Jatim

Tugu Pahlawan (Tupal) Fashion Night menjadi warna tersendiri dalam memeriahkan Kick Off Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (28/7/2022) malam. Agenda tersebut, dapat banyak apresiasi, salah satunya Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur yang hadir dalam kegiatan.

“Warga NU saat ini sudah banyak melakukan inovasi di berbagai sektor, terbaru sampai di dunia fashion ini. Mudah-mudahan potensi yang dimiliki ini dapat terus dikembangkan dan memberikan manfaat bagi semua,” kata Khofifah.

Menurutnya, gelaran Tupal Fashion Night ini menjadi gambaran bahwa fashion muslim ini menjadi potensi besar yang bisa dikembangkan sebagai salah satu sumber kekuatan ekonomi.

Peragaan busana ini juga sangat ditunggu-tunggu, lantaran busana yang dikenakan para model merupakan hasil karya para desainer asal pondok pesantren (Ponpes).

Gus Haris dan Ning Marisa saat memperagakan busana di Tupal Fashion, Kamis (28/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ning Ficky Aisya istri Ra Nasih dari Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan, serta Listya Ayu Qudus desainer dari Ponpes yang sama adalah orang di balik indahnya busana-busana yang dikenakan para model.

Selain diperagakan oleh model profesional, karya desainer ini juga diperagakan oleh Gawagis dan Nawaning seperti Gus Haris dan Ning Marisa (Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo), Gus Ahmad dan Ning Sheila (Ponpes Lirboyo Kediri), dan Lora Nasikh dan Ning Vikcy (Ponpes Syaichona Cholil Bangkalan).

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan Rini Indriyani istrinya saat memperagakan Tupal Fashion dalam Kick Off Satu Abad NU, Kamis (28/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tidak ketinggalan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya beserta sang istri, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan Kapolrestabes Surabaya dan istri, serta M. Nurhasan Rektor Unesa juga tampil dalam Tupal Fashion Night.

Kombes Pol Akhmad Yusep Kapolrestabes Surabaya bersama istrinya saat memperagakan busana di Tupas Fashion, Kamis (28/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain peragaan busana, Kick Off Satu Abad NU dengan tema Harmoni, Kolaborasi, dan Inovasi ini semakin berkesan dengan tampilnya sejumlah kyai yang membacakan puisi.

Adalah KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah Ketua Umum MUI Jatim, KH Marzuki Mustamar Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim dan KH Saad Ibrahim Ketua PW Muhammadiyah Jatim, yang masing-masing tampil membacakan puisi tersebut.

Hadirnya tiga organisasi berbeda dalam gelaran harlah malam tadi semakin menunjukkan keharmonisan keberagaman umat.

Melihat beragam aksi kolaborasi tersebut, Gubernur Khofifah kembali menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Kick Off Satu Abad NU yang diisi dengan berbagai kegiatan kolaboratif penuh harmoni dan sarat inovasi dalam semangat heroik.

“Ini menjadi suatu bentuk harmonisasi dan kolaborasi yang luar biasa. Bahwa NU hadir selalu merangkul tidak memukul artinya penuh damai. NU hadir untuk semua tidak hanya untuk warga NU saja, tapi juga seluruh kalangan,” ujar Khofifah.

Di penghujung acara ada penampilan dari Barongsai dari Klenteng Boen Bio Kapasan, kemudian ditutup dengan perenungan satu abad NU dan doa yang dipimpin oleh KH Agoes Ali Masyhuri pengasuh Ponpes Bumi Shalawat. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs