Rabu, 1 Mei 2024

KM Mutiara Timur I yang Terbakar di Perairan Karangasem Bali Mengangkut 258 Orang 

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Basarnas Bali saat menyelamatkan KM Mutiara 1 yang terbakar di perairan Karangasem Bali, Rabu (16/11/2022). Foto: tangkapan layar

Basarnas Bali menyebut KM Mutiara Timur I yang terbakar di Perairan Utara Karangasem, Bali (sebelumnya diberitakan terbakar di Selat Bali–red), pada Rabu (16/11/2022) sore mengangkut sebanyak 258 orang.

“Terakhir kami komunikasi dengan kapten kapal terkonfirmasi jumlah penumpang dan ABK yang semula 271 orang, ternyata menjadi 258 orang, di mana ABK berjumlah 24 dan sisanya 234 orang penumpang,” kata Gede Darmada, S.E., M.A.P, Kepala Kantor Basarnas Bali, dalam keterangan resmi di akun Instagram Basarnas Bali.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Kantor SAR Denpasar (@basarnas_bali)

Ia melanjutkan, kapal dengan rute Banyuwangi menuju Nusa Tenggara Barat itu terbakar di Perairan Utara Karangasem (koordinat 08°20’298″S – 115° 41’641″E), sekitar 0,9 NM dari daratan, sekitar pukul 15.00 WITA.

“Di tempat kejadian kapal terbakar, kebetulan unsur SAR terdekat ada Kapal Angkatan Laut Kadet 6 dan Kapal Angkatan Laut Kadet 7, dan segera melaksanakan evakuasi,” terang Gede Darmada.

Setelah menerima laporan kejadian, Basarnas Bali mengerahkan 1 unit RIB dari Pos SAR Karangasem dan 1 unit RIB dari Unit Siaga SAR dari Nusa Penida, KN SAR Arjuna 229.

Darmada menegaskan bahwa tim SAR gabungan fokus pada upaya evakuasi POB, untuk kronologis kejadian dapat dikonfirmasi kepada pihak terkait. Awalnya POB yang sudah terevakuasi dengan RIB ataupun jukung nelayan dibawa ke Kapal Angkatan Laut, selanjutnya dibawa ke Dermada Angkatan Laut Tanjung Wangi, Banyuwangi.

Unsur SAR yang terlibat selama operasi SAR berlangsung yakni ABK KAL KADET – 6, ABK KAL KADET – 7, Basarnas Bali, ABK KN Marore – 322, Polair Polres Karangasem, BPBD Kabupaten Karangasem, Stasiun Bakamla Bali, RAPALA Karangasem, Balawista Karangasem serta nelayan setempat.(dfn/ipg)

Berita Terkait

KM Mutiara Timur 1 Terbakar di Selat Bali


Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
31o
Kurs