Jumat, 26 April 2024

Komunitas Juru Sembelih Halal Gelar Sertifikasi BNSP

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proses pelatihan profesi juru sembelih halal di Rumah Potong Hewan Gresik dan RPH Surya di Pegirian-Surabaya, Minggu (17/4/2022). Foto: Humas BNSP

Komunitas Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia mengadakan pelatihan dan sertifikasi untuk juru sembelih dari berbagai wilayah di Indonesia.

Acara hasil kolaborasi Juleha Indonesia, Baznaz, Majelis Ulama Indonesia, Kementerian Pertanian, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, dan Balai Besar Pelatihan Peternakan Songgoriti ini digelar pada tanggal 13-19 April 2022 di Gedung Islamic Center Surabaya.

Petrus Hariyanto, Ketua DPP Juleha Indonesia mengatakan peserta mencapai 40 orang dan berasal dari Riau, Banten, Jakarta, Majalengka, Bekasi, dan seluruh Jawa Timur.

“Kegiatan ini untuk melatih juru sembelih agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai syariat Islam. Supaya masyarakat muslim Indonesia mendapatkan kepastian kehalalan dan kualitas daging,” kata dia.

Peserta mendapatkan materi soal karakter dan kesehatan hewan ternak, teknik penyembelihan, serta mengenal perbilahan pisau. Kemudian tentang kemajuan peternakan moderen di dunia, penerapan teknologi dan bagaimana praktek menyembelih di RPH dan proses pemasaran daging halal.

Praktik penyembelihan hewan digelar di Rumah Potong Hewan Gresik dan Rumah Potong Hewan Surya di Pegirian, Surabaya pada selama 13-16 April 2022.

Melalui pelatihan dan sertifikasi ini Juleha Indonesia mempersiapkan tenaga penyembelih berkualitas yang siap bekerja sebagai tenaga ahli di luar negeri secara profesional.

“Saatnya juru sembelih halal Indonesia maju dan menjadi solusi daging halal di dunia,” ujar Petrus

Pada kesempatan yang sama, Imam Fauzi dari DPW Juleha Indonesia Jawa Timur optimis profesi juru sembelih halal makin banyak diminati umat Islam.

“Semoga di kemudian hari, setiap daerah di Indonesia bisa mendapatkan sosialisasi cara menyembelih halal yang mudah dan sesuai standar,” kata dia. (wld/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs