Minggu, 25 September 2022

Kwarda Jatim Berharap Generasi Muda Bisa Melindungi Bangsa Indonesia lewat Pramuka

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Pramuka Indonesia akan mengikuti Program Pertukaran Pemuda (Youth Exchange Program/YEP) dengan National Cadet Corps (NCC) pada 8-18 Agustus 2022 di India. Foto: Pusinfo Kwarnas Pramuka

Peringatan Hari Pramuka Indonesia tahun 2022 atau yang ke-61 tahun, mengangkat tema Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa.

Arum Sabil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Timur berharap melalui kegiatan Pramuka, para tunas negeri yang dididik dan dibimbing bisa menjaga sekaligus melindungi Bangsa Indonesia.

“Anak muda bangsa ini harus mengenal dan menjaga dirinya serta lingkungan sekitar terlebih dahulu, contohnya berapa kalori kebutuhan pangan yang dibutuhan, bagaimana merawat tanaman dan satwa yang ada disekitar. Nah, kalau tidak tahu, bagaimana generasi bangsa ini akan menjaga dan melindungi Bangsa Indonesia?,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Dia menambahkan, semua anak muda bahkan seluruh masyarakat bisa mengingat pesan dan seruan Soekarno Presiden Pertama RI yang pernah disampaikan dalam peringatan Hari Pramuka.

“Berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan memperkuat gerakan kita, sampai suatu saat para muda-mudi, mahasiswa yang ada di kota serta pengembala kerbau yang ada di desa, dengan bangga dan penuh rasa hormat mengatakan, aku Pramuka Indonesia, Salam Pramuka,” katanya mengutip pesan yang disampaikan Soekarno.

Sebagai informasi, kegiatan pramuka Jawa Timur yang dilaksanakan tahun ini lebih menekankan pada upaya mewujudkan kemandirian pangan dan energi terbarukan.

Kegiatan upacara Hari Pramuka di Jawa Timur dipimpin Khofifah Indar Parawansa Gubernur Provinsi Jawa Timur, yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB, di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya.(des/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Minggu, 25 September 2022
28o
Kurs