Kamis, 25 April 2024

Lemkapi: Pengamanan Mudik 2022 Berjalan Lebih Baik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Mudik Nataru di GT Cikampek Utama. Foto: Jasa Marga

Dr. Edi Hasibuan Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) mengatakan, pengamanan mudik 2022 oleh kepolisian dan instansi terkait diperkirakan berjalan lebih baik dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Kita harapkan mudik tahun ini berjalan dengan kondusif dan masyarakat bisa merasakan kehadiran polisi ada di mana-mana,” kata Edi dalam keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022) dikutip Antara.

Dia mengatakan, dalam sepekan terakhir pengamanan mudik di wilayah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur berjalan baik karena situasi lalu lintas lancar dan keamanan terkendali.

“Kita melihat Pak Kapolri hampir setiap hari hadir di berbagai tempat untuk melakukan pengecekan pengamanan dan memastikan mudik berjalan baik,” katanya.

Edi menambahkan, Jenderal Pol Listyo Sigit Prawobo Kepala Kepolisian RI (Kapolri) telah mendatangi setiap pos yang rawan kemacetan dan berpotensi terjadi gangguan kamtibmas, untuk memastikan pengamanan berjalan lancar.

Selain itu, menurut dia, Kapolri juga kerap melakukan koordinasi dengan instansi lainnya antara lain Kementerian Perhubungan, PT Jasa Marga, PT Pertamina dan para kepala daerah.

“Koordinasi itu dilakukan agar para pemangku kepentingan tidak ragu meminta bantuan kepolisian. Semua itu dilakukan agar kegiatan mudik berjalan aman,” ujarnya.

Edi mengatakan, para pemudik juga seharusnya mendukung mudik berjalan aman dengan tidak memaksakan diri dan beristirahat di tempat yang telah disediakan oleh berbagai instansi.

“Kami melihat kehadiran anggota Polri di mana-mana akan membawa kesejukan dan membuat pemudik merasa semakin nyaman. Kita harapkan mudik tahun 2022 berjalan aman,” tambahnya.

Sebagai informasi, untuk mengamankan mudik, Lebaran dan arus balik tahun ini, Polri telah mengerahkan 144.392 personel yang tergabung dalam Operasi Ketupat 2022.

Personel tersebut terdiri atas 876 personel Mabes Polri, 87.004 personel Polda-Polda dan 56.512 personel dari instansi terkait, seperti TNI, BNPB, BMKG, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan relawan mitra kamtibmas.

Seluruh personel itu akan mengisi 2.702 posko, yang terdiri atas 1.710 pos pengamanan, 734 pos pelayanan, dan 258 pos terpadu untuk melaksanakan pengamanan di pusat-pusat keramaian, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal bandara, pelabuhan tempat wisata, dan sepanjang jalur mudik. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs