Jumat, 29 Maret 2024

Polri Siapkan Jalur Alternatif Bagi Pemudik Mengarah ke Jateng

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri, saat melakukan konfrensi pers di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Rabu (27/4/2022). Foto: Antara

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian RI (Kapolri) mengatakan, telah menyiapkan empat jalur alternatif bagi pemudik yang akan berkendara ke arah Jawa Tengah.

“Khususnya yang melintas di Jawa Tengah mengarah ke Jawa Timur atau masuk ke wilayah Jawa Tengah, semuanya diharapkan berjalan baik. Kami sampaikan ada empat alternatif jalur yang sudah disiapkan,”kata Kapolri saat meninjau Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang, Rabu (27/4/2022) pagi dikutip Antara.

Sigit menuturkan, keempat jalur alternatif yang telah disiapkan bagi para pemudik itu adalah jalan tol, Jalur Pantura, jalan arteri dan jalan di sekitar wilayah selatan.

“Ini perlu kami informasikan kepada pemudik agar bisa memilih jalur alternatif, di luar jalur tol yang dipersiapkan. Kemudian tadi juga sudah dilaksanakan TB,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolri juga menyatakan skema one way (satu arah) akan diterapkan secara serentak mulai tanggal 28 sampai dengan 30 April 2022 dari jam 17.00-00.00 WIB sebagai antisipasi terjadinya puncak mudik yang semakin terlihat.

“Ini kita persiapkan karena kita melihat bahwa prediksi puncak akan dimulai. Kita akan lihat di Jawa Tengah, ini peningkatannya belum terlalu tapi dari laporan dari tadi malam sekitar enam sampai tujuh persen,” Jelasnya.

Salah satu peningkatan jumlah kendaraan menurut data yang dimilikinya, telah mulai memadati wilayah Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Sigit juga turut mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait di Jawa Tengah, karena sampai hari ini, kegiatan mudik di sekitar GT Kalikangkung, dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Terima kasih pada Pemerintah Daerah dan Polda Jawa Tengah juga stakeholder yang sudah mempersiapkan upaya-upaya dalam menghadapi arus mudik,” pungkas Kapolri. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs