Kamis, 25 April 2024

Libur Nyepi Dan Jelang Akhir Pekan, Okupansi Penumpang KAJJ Masih Di Bawah 50 Persen

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Penumpang KA di Stasiun Pasar Senen saat akan berangkat menunjukkan surat keterangan sehat Rapid Test Antigen, KTP dan tiket. Foto: dok Faiz suarasurabaya.net

Eva Chairunisa Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta menjelaskan, libur nasional Nyepi yang jatuh pada hari Kamis (3/3/2022), kondisi penumpang di Stasiun Gambir maupun Pasar Senen juga terpantau normal.

“Jelang libur pada Rabu (2/3) keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir tercatat sekitar 3.778 penumpang atau 42% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 24 KA sedangkan dari Stasiun Pasarsenen terdapat sekitar 4.983 penumpang atau 42% untuk keterisian tempat duduk dengan keberangkatan 20 KA,” ujar Eva dalam keterangannya, Kamis (3/3/2022).

Untuk hari Kamis dan Sabtu, kata Eva, dilihat dari data pemesanan tiket sementara juga terpantau normal dengan rata-rata keterisian Tempat Duduk (TD) sekitar 22 sampai 35 persen, sehingga masih terdapat ketersediaan TD bagi calon penumpang yang akan menggunakan layanan KA Jarak Jauh ke berbagai tujuan.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan pemesanan tiket KA dapat melalui Aplikasi KAI Access, website kai.id serta channel penjualan resmi lainnya,” jelasnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada calon penumpang KAJJ untuk memperhatikan kembali ketentuan dan persyaratan naik KA di masa pandemi. Adapun saat ini ketentuan dan persyaratan naik KA mengacu pada Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) nomor 97 tahun 2021. Ketentuannya antara lain:

1. Penumpang usia 12 tahun ke atas wajib vaksin (minimal dosis pertama) kecuali penumpang yang belum dapat divaksin karena alasan medis wajib memiliki surat keterangan dokter rumah sakit pemerintah/dokter spesialis untuk pengganti vaksin.

2. Seluruh penumpang (tanpa batasan usia) wajib memiliki bukti pemeriksaan antigen (1×24 jam) atau RT-PCR (3×24 jam) dengan hasil negatif.

3. Perjalanan penumpang anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Untuk layanan antigen di area Daop 1 Jakarta terdapat 6 lokasi yakni Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek dengan tarif Rp35.000.

PT KAI Daop 1 Jakarta senantiasa mengikuti dan mematuhi seluruh ketentuan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 pada moda transportasi KA. Komitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang sehat juga terus dilakukan melalui penerapan aturan yang ketat pada seluruh pengguna jasa baik di stasiun dan selama perjalanan KA berlangsung.(faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs