Kamis, 6 Oktober 2022

Ludruk Merdeka di Suara Surabaya Jadi Salah Satu Destinasi Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pertunjukan Ludruk Merdeka di Suara Surabaya Centre, Kamis (18/8/2022) dalam rangka HUT ke-77 RI. Foto: Dukut suarasurabaya.net

Puluhan mahasiswa asal berbagai perguruan tinggi di Indonesia menyaksikan gelaran Ludruk Merdeka di Suara Surabaya Media, Kamis (18/8/2022) malam. Mereka merupakan mahasiswa-mahasiswi terpilih dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Salah satunya Hervy Sakinah mahasiswi semester 3 program studi Akuntansi Universitas Tadulako Palu, Sulawesi Tengah, yang bertukar mahasiswa dengan Universitas Airlangga. Hervy mengatakan senang berkesempatan menyaksikan pagelaran ludruk ini.

“Bagus banget, suka. Ikut pertukaran pelajar dari Kampus Merdeka, sampai di Surabaya tanggal 13 Agustus di Universitas Airlangga. Kita keliling Surabaya buat lihat kebudayaan di Surabaya, dan datang ke sini (Ludruk Merdeka di Suara Surabaya) salah satunya,” kata Hervy pada suarasurabaya.net ketika menyaksikan ludruk.

Pemain Ludruk Merdeka usai pementasan foto bersama penonton di Suara Surabaya Centre, Kamis (18/8/2022). Foto: SS Media

Pengalaman ini akan jadi salah satu kegiatan yang dilaporkan Hervt dalam Modul Nusantara.

“Nanti akan ada laporan ke pusat, jadi cerita kegiatan malam ini juga,” katanya lagi.

Pertunjukan Ludruk Merdeka di Suara Surabaya Centre, Kamis (18/8/2022) dalam rangka HUT ke-77 RI. Foto: Dukut suarasurabaya.net

Kidungan Jula-Juli setelah Tari Remo sebagai pembuka Ludruk Merdeka malam ini berhasil membuat Hall Suara Surabaya Centre penuh gelak tawa penonton.

“Nggak seberapa ngerti sih Bahasa Jawa, tapi seneng lucu, jadi ikut ketawa kalau lainnya ketawa,” ujar Hervy sambil tertawa.

Selain sekitar 60 mahasiswa pertukaran, Ludruk Merdeka juga dihadiri ratusan masyarakat umum mulai anak-anak sampai orang dewasa.

Tidak hanya penyiar, tetapi kru, juga mitra-mitra Suara Surabaya berkolaborasi dengan Komunitas Ludruk Luntas membawakan lakon Kemedja Loesoeh di gelaran Ludruk Merdeka. Selain dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, juga untuk melestarikan pagelaran ludruk di Surabaya.

Salah satu adegan yang dimainkan dalam Ludruk Merdeka di Suara Surabaya Centre, Kamis (18/8/2022) dalam rangka HUT ke-77 RI. Foto: Dukut suarasurabaya.net

“Seneng jadi bagian, ada malu-malu juga tapi saya dari kecil seneng tampil cuma di ludruk baru pertama kali. Biasanya gak pernah sebanyak ini, ini pengalaman pertama tanpa latihan,” kata Reka Husmara Mardiputra Commercial Manager Terminal Teluk Lamong yang berperan sebagai pejuang dalam ludruk kali ini.

“Suatu budaya tradisi bangsa juga terutama Jatim jadi harus diangkat dan dilestarikan,” sahut Stephen Walla CEO Jamu Iboe yang memerankan pejuang kemerdekaan.

Wismanti penyiar Suara Surabaya turut mengocak perut bersama Cak Robert dan Cak Ipoel pemain Ludruk Luntas saat tampil di Suara Surabaya Centre, Kamis (18/8/2022). Foto: SS Media

Gelaran Ludruk Merdeka di Hall Suara Surabaya Centre Jalan Bukit Darmo nomor.22-24 Surabaya itu mulai pukul 19.00 WIB.(lta/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
31o
Kurs