Sabtu, 27 April 2024

Menag Cukur Rambut Petugas Haji usai Lontar Jumrah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama mencukur rambut petugas usai lontar jumrah, Minggu (10/7/2022). Foto: Antara

Dalam kesempatannya memantau pelaksanaan puncak ibadah haji di Tanah Suci, Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) mencukur rambut atau tahallul seorang petugas haji, usai melakukan lontar jumrah aqabah di Mina.

“Ini wujud dari syukur yang saya kira kawan-kawan ini sudah memberikan dedikasinya kepada seluruh jamaah haji Indonesia,” kata Menag seperti dikutip Antara dari Media Center Haji di Mekkah, Minggu (10/7/2022) malam waktu setempat.

Menag mencukur rambut Mashuri Masyhuda sebagai apresiasi layanan yang diberikan petugas kepada para jamaah.”Kegembiraan itu melayani dengan gembira, gembira diwujudkan dengan potong rambut ini,” katanya.

Sebagai informasi, Tahallul merupakan salah satu rangkaian dari ibadah haji. Tahallul banyak dilakukan petugas haji, usai menyelesaikan lempar jumrah aqabah atau tawaf ifadah dengan kebanyakan memilih untuk menggunduli rambutnya.

Sebagian jemaah haji Indonesia juga melakukan tahalul awal dengan mencukur rambut kepala usai melempar jumrah, sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji mereka. Anggota jamaah lelaki terlihat saling bantu memotong rambut kepala, Senin (11/7/2022).

“Mau dicukur habis, biar bersih. Mudah-mudahan ini bersih sehati-hatinya,” kata Suryani, jemaah asal Musirawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan.

Anggota jemaah lelaki saling bantu memotong rambut kepala di Mina, Arab Saudi, Senin (11/7/2022). Foto: Antara

Sementara itu, Husein Mujahidin jemaah asal Kota Palembang, juga menawarkan bantuan pangkas rambut gratis kepada anggota jamaah haji. Total, dia mengaku sudah membantu memangkas rambut 16 orang. (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs