Jumat, 26 April 2024

Menag Sarankan Jemaah Batasi Kegiatan di Luar Ibadah Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama saat melepas Jemaah Haji kloter pertama di dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (4/6/2022). Foto: Humas Kemenag

Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama (Menag) menyarankan jemaah asal Indonesia membatasi kegiatan di luar ibadah haji selama berada di Tanah Suci, mengingat suhu di Arab Saudi pada masa ini bisa mencapai 45 derajat Celsius.

“Hanya lakukan kegiatan ibadah, dan kegiatan di luar ibadah seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak, Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji,” katanya saat melepas kloter pertama jemaah calon haji (CJH) Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01) di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang Banten, Sabtu (4/6/2022) dilansir kemenag.go.id.

Menag menekankan pentingnya anggota jemaah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, antara lain dengan minum banyak air putih dan mengonsumsi suplemen vitamin, agar bisa menunaikan ibadah dengan baik di tengah cuaca panas Arab Saudi.

“Jangan segan-segan bertanya kepada petugas bila mengalami kendala, karena Kementerian Agama sudah menugaskan banyak sekali petugas di sana untuk membantu Bapak, Ibu sekalian,” katanya di hadapan 393 calon haji asal DKI Jakarta.

Ia mengatakan, bahwa ada petugas kloter dan anggota Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi yang siap membantu dan melayani jemaah selama menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Dalam setiap kloter jamaah calon haji, ada empat orang yang ditugaskan mendampingi jamaah, yang terdiri atas satu anggota Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), satu anggota Tim Pembimbing Ibadah haji Indonesia (TPIHI), dan dua anggota Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Menag juga mengingatkan jemaah agar meluruskan niat ke Tanah Suci untuk beribadah, melaksanakan rukun Islam yang kelima.

“Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke Tanah Suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain. Terakhir, mari bersama-sama berdoa agar ibadah haji kita diterima oleh Allah SWT, sepulangnya kita dari ibadah haji ini dapat menjadi haji dan hajjah mabrur-mabrurah,” ia menambahkan.

Berikut ini data keberangkatan 2.776 jemaah haji Indonesia pada 4 Juni 2022, dilansir dari :

  • Jemaah kloter SOC 01 dari Embarkasi Solo yang terdiri atas 360 orang diberangkatkan pukul 00.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 09.25 waktu Arab Saudi (WAS).
  • Jemaah kloter JKG 01 dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede yang meliputi 393 orang diberangkatkan pukul 06.05 WIB dan dijadwalkan tiba pukul 11.30 WAS di Madinah.
  • Jemaah kloter JKS 01 dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang terdiri atas 410 orang diterbangkan pukul 07.25 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 12.45 WAS.
  • Jemaah kloter SOC 02 dari Embarkasi Solo yang mencakup 360 orang diterbangkan pukul 05.35 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 14.30 WAS.
  • Jemaah kloter JKS 02 dari Embarkasi Jakarta-Bekasi yang meliputi 410 orang diterbangkan pukul 08.40 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 14.00 WAS.
  • Jemaah kloter SUB 01 dari Embarkasi Surabaya yang terdiri atas 450 orang diberangkatkan pukul 08.30 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 15.55 WAS.
  • Jemaah kloter PDG 01 dari Embarkasi Padang yang terdiri atas 393 orang diterbangkan pukul 13.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Madinah pukul 18.10 WAS. (bil/iss)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs