Kamis, 28 Maret 2024

Minta Maaf Atas Tragedi Kanjuruhan, Pangdam V/Brawijaya Pastikan Proses Hukum untuk Oknum TNI Tetap Berjalan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Warga berdoa di patung Singa Tegar kawasan Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur yang dipenuhi karangan bunga, Senin (3/10/2022). Foto: Antara

Mayjend TNI Nurchahyanto Pangdam V/Brawijaya meminta maaf atas tindakan oknum prajuritnya yang overacting (bertindak berlebihan) saat tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022), sehingga menyakiti suporter Aremania.

“Saya ingin menyampaikan permohonan maaf atas apa yang terjadi di Kanjuruhan, di mana ada oknum prajurit kami yang bertindak overacting sehingga menyebabkan ada beberapa suporter Aremania yang mungkin tersakiti,” ucap Mayjend Nurchahyanto usai mengikuti upacara HUT ke-77 TNI di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (5/10/2022).

Nurchahyanto dalam kesempatan itu juga membenarkan, bahwa oknum prajurit itu sedang diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Saat ini lima orang prajurit sedang diperiksa di Pomdam Malang. Sedang atau sudah diproses sesuai hukum yang berlaku, manakala terbukti bersalah pasti akan dihukum. Dan kita lihat perkembangannya,” katanya.

Meski begitu, Pangdam juga mengapresiasi sejumlah prajurit yang membantu para Aremania untuk mendapatkan pertolongan.

“Di sisi lain memang ada prajurit kami yang melakukan pelanggaran, tapi sisi lain para media juga melihat sendiri banyak sekali prajurit kami yang bahu membangun dengan Aremania, dengan petugas kepolisian memberikan pertolongan pertama kepada para korban. Sangat luar biasa itu, saya apresiasi mereka, saya apresiasi kepedulian mereka terhadap para korban ini,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pangdam menyebut peringatan HUT TNI kali ini dilakukan secara sederhana hanya parade, dilanjutkan dengan syukuran.

“Mengingat situasi dan suasana yang tidak memungkinkan maka beberapa kegiatan panggung prajurit dibatalkan. Kami hanya fokus kepada acara sederhana namun khidmat,” ujarnya.

Upacara peringatan HUT ke-77 TNI turut dihadiri oleh Forkopimda Jatim yakni Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim, Pangkoarmada, Ketua DPRD dan Kajati Jatim, serta seluruh instansi terkait. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs