Senin, 6 Mei 2024

Muhammadiyah Surabaya Siapkan 100 Titik Salat Idulfitri 2022

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi salat Idulfitri di lapangan terbuka. Foto: Dok/Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat yang menetapkan 1 syawal 1443 Hijriyah jatuh pada Senin 2 Mei 2022.

Terkait maklumat tersebut, Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Surabaya sudah menyiapkan 100 titik lokasi salat Idulfitri.

Ferry Yudi Antonis Saputro Ketua Majelis Pelayanan Sosial Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya menyebut, total ada 100 titik lokasi lapangan terbuka, yang akan disiapkan untuk pelaksanaan salat Idulfitri.

“Muhammadiyah rata-rata di tanah lapang, bisa di jalan raya, halaman luas, halaman masjid, halaman sekolah (pelaksanaan salat Idulfitri). Di masjid kepepet pas hujan,” kata Ferry pada suarasurabaya.net, Sabtu (30/4/2022).

Ferry berharap, pelaksanaan salat Idulfitri di tanah lapang atau halaman terbuka agar syiarnya lebih menggema.

Diprediksi, jumlah jemaah pada gelaran salat Idulfitri kali ini, akan kembali membludak seperti sebelum pandemi.

“Biasanya antusias masyarakat itu tinggi di lapangan terbuka,” tambah Ferry.

Pembersihan lokasi salat Idulfitri sekaligus penataan saf, lanjut Ferry, akan dilakukan Minggu malam, (1/5/2022) sekitar pukul 21.00 WIB. Sementara itu protokol kesehatan juga akan tetap diterapkan.

“Kita sediakan hand sanitizer, masyarakat juga diimbau untuk tetap pakai masker,” imbuhnya.

Terakhir, Ferry juga mengajak masyarakat untuk datang lebih awal ke lokasi sebelum pelaksanaan salat yang dimulai sekitar pukul 06.00 WIB.

“Kita bertakbir bersama-sama sambil menunggu pelaksanaan salat. Masyarakat juga diimbau bawa koran dan sajadah (untuk alas salat). Kalau hujan kita antisipasi langsung masuk masjid,” tambah Ferry.

Berikut 100 titik lokasi salat Idulfitri yang tersebar di 31 kecamatan se-Kota Surabaya, yang bisa disimak sebagai berikut dalam file berikut. (Ita/bil/iss)

100 Lokasi Salat Ied PD Muhammadyah Surabaya

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs