Kamis, 25 Juli 2024

Naik Kuda dan Penyiraman Kalpataru Warnai Pembukaan PKKMB Unesa

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor Unesa saat menunggang kuda menuju mimbar dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Unesa, Senin (22/8/2022) Adi Lapangan Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Foto: Humas Unesa

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mulai bergulir pada Senin, 22-26 Agustus 2022 di Lapangan Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya.

Pembukaan kegiatan tersebut diwarnai dengan prosesi yang jarang ditemukan di kampus lain, yaitu jajaran pimpinan menunggang kuda menuju mimbar yang disambut tepuk tangan meriah mahasiswa baru (maba).

Rombongan rektor diiringi perwakilan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dari bidang bela diri-olahraga, minat-bakat dan kerohanian. Selanjutnya terdapat prosesi pengukuhan maba oleh Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor Unesa. Pengukuhan dilakukan secara simbolis berupa pemakaian almamater kebanggaan secara serentak oleh maba.

Selain itu juga ada penyiraman pohon kalpataru oleh jajaran pimpinan Unesa.

Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor Unesa, saat prosesi penyiraman pohon kalpataru. Foto: Humas Unesa

Kalpataru merupakan pohon dengan dahan yang rimbun menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi berbagai satwa. Pohon ini disebut sebagai pohon kehidupan karena menjadi tempat untuk bertahan hidup. Kalpataru juga dijadikan sebagai simbol penghargaan lingkungan hidup di Indonesia.

Cak Hasan menjelaskan, penyiraman kalpataru merupakan representasi Unesa sebagai kampus yang peduli terhadap lingkungan hidup berkelanjutan. Selain itu, juga menunjukan bahwa Unesa adalah tempat ‘berteduh’ atau wadah yang nyaman bagi generasi untuk mengembangkan diri.

“Akar pohon ini sebagai wujud kekokohan Unesa secara keilmuan dan karakter. Sementara batang, dahan hingga daun melambangkan kebermanfaatan Unesa untuk masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang lebih maju,” tandasnya usai acara.

Sementara itu, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd., ketua panitia PKKMB Unesa 2022, menambahkan bahwa penyiraman pohon kalpataru merupakan representasi dari spirit Unesa menjadi ‘rumah’ para generasi dalam membangun negeri. Ini juga berkaitan dengan konteks tema yang diusung yaitu membangun negeri salah satu bagiannya yaitu peduli terhadap lingkungan.

“Unesa dalam bagian dari revolusi mental membangun negeri. Kita membangun manusianya termasuk karakter dan juga membangun lingkungan yang berkelanjutan. Ini tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Dia menambahkan jumlah mahasiswa baru Unesa 2022 yang mengikuti PKKMB yaitu 10.464 orang. 200 di antaranya mengikuti upacara pembukaan secara offline di kampus, sementara sisanya mengikuti secara daring.

“Ini pembukaan secara hybrid dilakukan di tingkat universitas hari ini. Setelah ini dilanjutkan di fakultasnya masing-masing yang melibatkan semua maba. Semoga dengan ini teman-teman mahasiswa bisa semangat belajar dan mengembangkan diri di Unesa. Karena mereka adalah generasi penerus dan masa depan bangsa ada di tangan mereka,” tutupnya. (gat/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs