Kamis, 18 April 2024

Operasional Bandara Juanda Tak Terganggu Pascaerupsi Gunung Semeru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bandara Internasional Juanda Surabaya menyatakan penerbangan melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya berjalan normal dan tidak terdampak erupsi Gunung Semeru

Yuristo Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura (AP) I Juanda mengatakan penerbangan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, masih normal dan tidak terganggu pascaerupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

“Info dari teman-teman Apron Movement Controller (AMC) per jam 16.11 WIB, tidak ada penerbangan yang terdampak. Bandara Juanda beroperasi normal,” ujarnya, Minggu (4/12/2022) dikutip Antara.

Rosedi Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia dalam keterangan tertulis menyatakan pihaknya telah mengeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi yaitu Bandara Internasional Juanda Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh Malang.

“Berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk landas pacu untuk aktivitas take off maupun pendaratan pesawat,” ujarnya.

Rosedi mengatakan, hingga pukul 13.30 WIB operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdurrahman Saleh berjalan normal.

“Personel Cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang gempa, erupsi, dan awan panas,” ujarnya.

Sebagai informasi, pada Minggu sekitar pukul 02.46 WIB dilaporkan telah terjadi erupsi Semeru yang disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak dan menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46- 06.00 WIB.(ant/rum/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
30o
Kurs