Rabu, 17 April 2024

Pemerintah RI Terus Pantau Perkembangan Monkeypox

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Cacar monyet. Foto: Dokumen suarasurabaya.net

Pemerintah terus mengikuti dan memantau perkembangan penyakit cacar monyet (monkeypox) yang sudah menyebar di banyak negara termasuk negara-negara di kawasan Asia.

“Meskipun belum ada kasus penularan penyakit cacar monyet yang dikonfirmasi di Indonesia namun pemerintah terus memantau secara intensif perkembangan penyakit ini,” kata Agus Suprapto Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Ketika dihubungi Antara, Sabtu (6/8/2022), Agus menjelaskan bahwa sistem mitigasi untuk mencegah masuknya penyakit ini sudah berjalan dengan baik.

“Sistem surveilans telah diaktifkan di seluruh pintu masuk ke wilayah Indonesia, Kantor Kesehatan Pelabuhan terus melakukan pemeriksaan setiap pelaku perjalanan yang datang dari negara-negara dengan kasus penularan cacar monyet,” katanya.

Selain itu, fasilitas laboratorium juga telah disiapkan untuk melakukan penyelidikan epidemiologi cacar monyet, termasuk melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus penyebab penyakit tersebut.

“Selain itu, pemerintah juga sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi lainnya guna merespons perkembangan penyakit cacar monyet,” katanya.

Agus juga mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan sosialisasi dan edukasi yang masif mengenai penyakit cacar monyet, guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat.

“Sosialisasi dan edukasi mengenai penyakit ini kepada masyarakat harus terus digencarkan, dengan demikian masyarakat juga dapat mengetahui mengenai penyakit cacar monyet, cara pencegahan, cara penularan dan cara penanganan,” katanya.

Selain itu, Agus juga menambahkan bahwa pemerintah sangat memperhatikan masukan dari Bambang Soesatyo Ketua MPR RI yang mendorong untuk segera membentuk satuan tugas (Satgas) untuk menangani kasus infeksi monkeypox.

“Masukan dari Ketua MPR RI yang mendorong agar pemerintah segera membentuk satuan tugas untuk menangani kasus cacar monyet sangat diperhatikan, perkembangan epidemiologi dan eskalasi kasus monkeypox juga terus diperhatikan dan dipantau,” katanya.

Sebelumnya, Bambang Soesatyo Ketua MPR RI mengatakan pemerintah perlu segera membentuk Satgas untuk menangani kasus monkeypox yang sudah teridentifikasi di beberapa negara tersebut.

Bambang juga meminta kepada pemerintah untuk bekerja sama dengan pihak terkait agar memperluas dan memperketat penapisan di setiap pintu masuk, mulai dari pelabuhan, bandara, hingga pos lintas batas darat negara (PLBDN). (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs