Kamis, 6 Oktober 2022

Penerbangan Haji Selesai, 16 Ribu Jemaah Telah Tiba di Bandara Juanda

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pesawat Saudi Arabia SV 5042 tiba di Bandara Internasional Juanda dengan membawa 244 Jemaah haji yang berasal dari Probolinggo, Mojokerto dan Surabaya, Sabtu (13/08/2022). Foto: Humas Angkasa Pura

Kelompok terbang (kloter) terakhir calon Jemaah Haji 1443 H/2022 Debarkasi Surabaya telah tiba Bandar Udara Internasional Juanda, Sabtu (13/8/2022). Secara keseluruhan sebanyak 38 kloter telah kembali sejak tanggal 17 Juli 2022, menggunakan Saudi Arabian Airlines dengan tipe pesawat Boeing 747 – 400.

“Kloter terakhir atau kloter 38 berangkat dari Medina pada hari Jumat (12/08/2022) pukul 17.14 waktu setempat menggunakan pesawat Saudi Arabia SV 5042, dan tiba di Bandara Internasional Juanda pada Sabtu (13/8/2022) pukul 09.53 WIB. Ada 244 Jemaah haji yang dalam kloter tersebut, berasal dari Probolinggo, Mojokerto dan Surabaya,” ujar Sisyani Jaffar General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (14/8/2022).

Sisyani menambahkan, selama periode debarkasi haji, jumlah keseluruhan jemaah haji yang tiba di Bandar Udara Internasional adalah sebanyak 16.581 orang, terbagi dalam 38 kloter penerbangan.

“Kami bersyukur sekali bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun ini berjalan sukses, aman dan lancar. Para jemaah haji dapat menunaikan ibadah dan kembali ke tanah air untuk berkumpul dengan keluarga,” tambahnya.

Menurut Sisyani, kesuksesan penyelengaraan ibadah haji ini tak lepas sinergitas yang baik para stakeholder terkait. “Setelah dua tahun penyelengaraan ibadah haji ditiadakan, tahun ini kembali diadakan dengan tetap mengimplementasikan protokol kesehatan pada setiap rangkaian kegiatannya,” ucapnya.

Sementara itu, dengan selesainya penyelengaraan ibadah haji tahun ini, Pemerintah Arab Saudi telah membuka pintu kembali untuk pelaksanaan ibadah umroh kepada seluruh umat muslim.

“Kami terus berkoordinasi dengan pihak maskapai terkait penerbangan umroh. Melihat antusias masyarakat pada penyelengaraan ibadah haji tahun ini, sangat besar kemungkinan bahwa minat masyarakat kita juga cukup tinggi pada ibadah umroh. Tentunya ini bisa menjadi peluang bersama dalam meningkatkan jumlah penerbangan,” ujar Sisyani

Sisyani menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya dan optimis bahwa jumlah penumpang akan terus meningkat hingga akhir tahun 2022. “Saat ini secara rata-rata per hari kami dapat melayani hingga 30 ribu penumpang per hari. Jika dapat dipertahankan hingga akhir tahun, kami yakin kinerja trafik tahun ini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” pungkas Sisyani. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
31o
Kurs