Sabtu, 20 April 2024

Petugas Mulai Diberangkatkan ke Arafah Persiapan Puncak Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Abdul Aziz Ahmad Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi (tengah) saat mengecek fasilitas untuk jemaah haji di Arafah, Sabtu (25/6/2022) waktu Arab Saudi. Foto: kemenag.go.id

Para petugas haji khususnya dari daerah kerja (Daker) Bandara mulai diberangkatkan ke Arafah untuk mempersiapkan dan memastikan layanan untuk puncak haji berjalan dengan baik.

Nasrullah Jasam Kepala Satuan Operasional Masyair/Armuzna di Makkah, Rabu (6/7/2022) mengatakan, petugas Daker Bandara akan menjadi satuan tugas Arafah.

“Teman-teman dari daker ini akan bertugas di tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah di Arafah sebelum kedatangan jemaah dari Makkah menuju Arafah,” kata Nasrullah dikutip Antara.

Kemudian petugas Daker Makkah, yang akan menjadi satgas Muzdalifah akan bergeser pada 8 Dzulhijjah (7 Juli) menuju Arafah untuk wukuf pada 9 Dzulhijjah (8 Juli), lalu sekitar pukul 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS) bergerak ke Muzdalifah untuk bertugas di Muzdalifah.

Sementara para petugas dari Daker Madinah yang bertugas di Mina juga akan bergerak pada 8 Dzulhijjah sore hari, lalu melaksanakan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah dan bergeser berbarengan dengan petugas daker Makkah, untuk bertugas di Mina selama 4 hari mulai dari 10-11-12 dan 13 Dzulhijjah untuk mengantisipasi jemaah yang mengambil nafar tsani.

Saat Masyair di Arafah, Muzdalifah dna Mina, jemaah haji Indonesia akan menempati 43 maktab.

Nasrullah mengatakan, yang menjadi titik krusial adalah saat pelaksanaan wukuf di Arafah, karena wukuf adalah rukun haji maka harus pastikan semua layanan berfungsi baik mulai dari pendingin udara, air, kamar mandi dan katering. “Kami harus siapkan betul agar jemaah konsentrasi untuk ibadah. Kemudian juga di Muzdalifah,” tambah dia.

Titik krusial lainnya di Mina, yaitu pada 10 Dzulhijjah karena jemaah sudah tiba di Mina dan siap untuk melontarkan jumrah aqobah.

“Kita menyesuaikan dengan ketentuan Arab Saudi dalam hal ini Kementerian Haji, ada waktu-waktu di mana kita boleh melontar dan ada waktu-waktu yang kita tidak boleh melontar,” katanya.

Perlu disampaikan ke jemaah untuk mematuhi aturan kesepakatan yang telah dibuat antara Misi haji Indonesia dengan Kementerian Haji Arab Saudi.

“Kalau jemaah melontar sesuai jadwal insya Allah semua berjalan dengan lancar. Tapi kalau misalnya ada yang melontar di waktu-waktu yang dilarang saya kira itu nanti akan sedikit banyak mempengaruhi pergerakan jemaah dan tentu kita tidak harapkan,” pungkas Nasrullah. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs