Selasa, 27 September 2022

Petugas PMK Pastikan Sumber Kebakaran TP Berasal dari Kedai Steak Moen-Moen

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sekitar pukul 19.00 WIB, beberapa tenant termasuk Steak Moen-Moen tutup, Rabu (17/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dedik Irianto Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Kota Surabaya memastikan sumber kebakaran di mall Tunjungan Plaza 1 Surabaya, berasal dari Kedai Steak Moen-Moen yang berada di lantai lima. Usai pemadaman, tampak tenant dan semua kedai yang berdekatan dengan lokasi kejadian telah tutup lebih awal.

Api pokok berhasil padam sekitar pukul 18.30 WIB oleh karyawan Steak Moen-Moen. Namun, kepulan asap masih muncul ketika petugas PMK datang sesaat usai laporan awal pukul.17.04 WIB. Dari hasil pengecekan menyeluruh, kondisi di lokasi kejadian dipastikan aman dan tidak ada korban.

“Di dapurnya Steak Moen-Moen itu, atasnya ada motor exhaust untuk ngehisap asap. Itu yang terbakar, tapi masih sedikit dan langsung ketahuan. Jadi sudah dipadamkan. Dak (pembatas antara lantai bawah dengan lantai di atasnya) tidak mengarah ke bawah dari lantai lima tapi langsung ke atas, rooftop. Sudah dicek semua clear,” kata Dedik pada media saat ditemui di lokasi, Rabu (17/8/2022).

Meski begitu, belum diketahui pasti kelayakan penggunaan motor exhaust di kedai itu. Ketika petugas PMK tiba, kondisi motor exhust sudah hangus terbakar. Menurut Dedik, bisa jadi karena usia atau beban pekerjaan.

“Mekanik itu kan tidak tahu lah, atau mungkin karena usia atau beban pekerjaan. Lagi laris-larisnya, aktivitas tinggi sekali, akibatnya dari situ. Motor exhaust belum dibongkar tapi sudah tidak diaktifkan sekarang. imbuhnya.

Sementara itu dari pantauan suarasurabaya.net sekitar pukul 19.00 WIB, sekitar lima tenant makanan termasuk Steak Moen-Moen yang berada di area food court itu sudah tutup. Meski demikian, nampak masih ada karyawan yang sedang beres-beres. Terlihat pula petugas housekeeping dan security mondar-mandir di area itu.

“Iya tutup semua yang di sini (food court yang terletak di lantai lima TP 1),” ujar salah satu petugas kebersihan pada suarasurabaya.net.

Sementara beberapa pengunjung yang berada di sekitar area tenant, memilih tidak mendekat dan hanya mengambil foto juga video.

“Tadi saya datang jam tujuh kurang masih ada mobil PMK di depan pintu masuk mall. Mau makan ke sini (Steak Moen-Moen) tapi ternyata ada insiden,” kata Willy, salah satu pengunjung.

Ketika mencoba dikonfirmasi, karyawan Steak Moen-Moen enggan memberi pernyataan apa pun. Termasuk Sutandi Purnomosidi Direktur Marketing Pakuwon Group.

“Maaf ya, kita masih beres-beres. Manajemen Steak Moen-Moen tidak ada di sini,” ujar salah satu karyawan laki-laki yang enggan menyebut nama.

Sekitar pukul 20.00 WIB, beberapa pengunjung kembali mengisi tempat duduk yang ada di area depan tenant, meski sudah tutup. Terlihat mereka membawa makanan dari tenant lain yang berada di area food court lantai 5 TP 1 bagian bawah.

Sekitar pukul 20.00 WIB, pengunjung kembali menempati beberapa tempat duduk di lantai 5 TP 1 area tenant, Rabu (17/8/2022). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Selain itu, 10 unit mobil PMK yang diterjunkan ke lokasi, juga sudah kembali ke markas unit masing-masing setelah kondisi dipastikan aman. (lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Selasa, 27 September 2022
32o
Kurs